• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

CARA MUDAH MERENOVASI RUMAH

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 20 April 2010 17:30
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 3685
  • 20 Apr
Yang dimaksud dengan renovasi adalah segala kegiatan yang sifatnya membangun secara fisik, baik secara arsitektural, interior, atau lansekap. Merenovasi rumah lazim dilakukan. Berbagai faktor menjadi alasannya. Mulai dari tuntutan kebutuhan ruang,memperbaiki bagian rumah yang rusak, hingga untuk alasan mempercantik tampilan dan mengikuti tren yang sedang berkembang.
Renovasi dapat dikategorikan menjadi renovasi ringan, renovasi parsial dan renovasi total.

 Renovasi ringan adalah renovasi untuk memperbaiki sedikit kerusakan tanpa membongkar elemen

bangunan, semisal merubah warna cat. Renovasi parsial dapat dibedakan dalam tiga bagian, yaitu ringan, sedang dan total. Renovasi parsial ringan sifatnya masih mempertahankan bangunan, seperti merubah bentuk pagar, memperbaiki bentuk fasad. Adapun renovasi parsial sedang meliputi kegiatan penambahan ruang, pembongkaran beberapa elemen bangunan seperti membongkar atap atau membongkar ruangan. Jika kegiatan perbaikan sudah mencakup pada pembongkaran konstruksi, seperti menambah ruang ke lantai dua, maka dapat dikategorikan renovasi parsial total.Sedangkan pada renovasi total,dilakukan pembongkaran secara menyeluruh, dimulai dari tahap nol seperti layaknya bangunan baru.
Agar proses renovasi berjalan lancar, butuh persiapan yang optimal. Tak hanya biaya, namun konsep dan mental penghuni perlu disiapkan. Konsep yang matang diperlukan agar proses renovasi dapat berjalan lancar dengan hasil memuaskan. Sedangkan persiapan mental diperlukan bagi penghuni yang tidak pindah rumah saat proses pekerjaan berlangsung. Menghadapi kondisi rumah yang berantakan dan carut marut, tentu membutuhkan persiapan mental yang cukup kuat.
    Sedangkan biaya, adalah hal utama yang menjadi pertimbangan saat melakukan renovasi. Perlu langkah-langkah strategis agar biaya tak membengkak melebihi budget yang sudah disiapkan. Ikuti beberapa jurus hemat agar mendandani rumah tetap dapat berlangsung dengan lancar.

Rencanakan dengan Matang
Bagian rumah mana yang hendak direnovasi haruslah jelas. Sedari awal, tentukan bagian mana yang hendak dipertahankan, bagian mana yang dibongkar dan desain seperti apa yang diinginkan. Kesemuanya harus jelas, agar mempermudah pelaksanaan renovasi.
Pertimbangan Biaya
Seringkali biaya akan membengkak saat renovasi dilakukan. Ingat, mengikuti tuntutan perbaikan rumah tak akan ada habisnya. Pasti Anda akan terdorong untuk menambah ini dan itu. Ada yang memang benar-benar sebagai tuntutan kebutuhan, namun ada pula yang sekedar keinginan.
Biaya dalam renovasi meliputi banyak hal. Mulai dari biaya bongkar pasang, biaya konstruksi, sewa alat, perijinan, instalasi listrik hingga biaya keamanan selama proses renovasi berlangsung. Yang penting, hindari keinginan tak terkontrol yang dapat mengacaukan budget. Ikuti spesifikasi material sesuai dengan RAB agar pengeluaran tak membengkak.
Pilih Bahan Bangunan
Jika ingin berhemat, sesungguhnya Anda bisa memanfaatkan kembali sebagian material yang ada misalnya genteng. Namun biasanya sekitar 80% material lama tidak bisa digunakan kembali, tergantung seberapa besar kerusakan atau pembongkaran yang dilakukan.
    Sebaiknya pilih bahan bangunan yang berkualitas. Meski sedikit lebih mahal, namun material yang berkualitas memiliki umur pemakaian yang lebih panjang. Untuk menekan budget, bisa digunakan bahan bangunan dengan kualitas sedang, seperti pada keramik penutup lantai, cat interior atau kusen kayu. Keramik dengan kualitas KW2 sekilas tak nampak perbedaannya dengan keramik KW1. Yang membedakan keduanya adalah ukuran KW 1 lebih presisi dibanding KW2.
     Keramik dengan ukuran tidak presisi, bisa diantisipasi dengan membuat jarak nat yang cukup lebar untuk mengelabuinya. Demikian pula dengan cat. Saat ini tersedia beragam pilihan cat dengan varian harga. Untuk cat interior, bisa dipilih kualitas sedang. Namun untuk cat eksterior, sebaiknya pilih jenis yang berkualitas baik, mengingat seringnya terkena hujan, panas dan terik matahari.
     Penggunaan material untuk bagian-bagian tertentu, Anda tak boleh main-main dengan kualitas. Seperti pada pondasi rumah, pipa air yang ditanam, rangka atap atau struktur bangunan. Perhatikan dengan benar komposisi campuran bahan yang digunakan pada pondasi dan konstruksi. Jangan sampai, karena hendak menghemat maka urusan kekuatan menjadi terabaikan.

Tenaga kerja pengalaman
Tenaga kerja berpengalaman memegang peranan penting dalam hasil akhir. Sebagus apapun desain yang dibuat, jika tak didukung tenaga berpengalaman hasilnya akan mengecewakan. Tenaga berpengalaman biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibanding yang tidak pengalaman. Bandingkan jika Anda menggunakan tenaga non pengalaman dan tak puas dengan hasil akhir, serta harus membongkar ulang pekerjaan. Tentu biaya akhir akan lebih mahal.
Jasa kontraktor atau Awasi Sendiri
Jika yang dilakukan adalah renovasi ringan,parsial ringan dan parsial sedang, cukup awasi sendiri pekerjaan renovasi karena tak akan terlalu merepotkan. Namun, jika renovasi parsial total dan renovasi total, tak ada salahnya Anda menggunakan jasa kontraktor. Memang mungkin sedikit lebih mahal, namun Anda tak akan dipusingkan oleh berbagai masalah selama proses renovasi berlangsung. Menggunakan jasa kontraktor,

biasanya akan lebih rapi dan terkoordinasi pengerjaannya. Pilih kontraktor yang memiliki reputasi bagus, sehingga bisa dipercaya dan mendapatkan hasil akhir memuaskan.
Tukang Borongan atau Harian
Jika tak menggunakan jasa kontraktor, Anda bisa awasi sendiri pekerjaan dan langsung menggunakan jasa tukang. Pilih jenis tenaga kerja yang diinginkan, borongan atau harian. Bila konsep renovasi belum jelas dan masih akan terus berkembang, sebaiknya Anda menggunakan jasa tenaga tukang harian. Resikonya, biasanya tenaga tukang harian cenderung lebih lama proses pengerjaannya. Waktu jadi kurang terkontrol, namun dari segi kualitas mungkin akan lebih baik.
Sebaliknya, jika konsep renovasi sudah matang dalam arti bagian-bagian mana saja yang hendak direnovasi sudah terencana dengan pasti dan jelas, tak ada salahnya menggunakan tenaga borongan. Dari segi kualitas mungkin sedikit kurang, namun akan lebih praktis dan lebih cepat. Karena biasanya,tukang borongan akan cenderung mempercepat ritme pekerjaan.
Tenaga borongan sifatnya mengerjakan pekerjaan secara paket (dari A-Z). Biasanya tenaga borongan menawarkan dua pilihan, yaitu borong tenaga saja atau borong sekaligus (meliputi material). Jika Anda pilih opsi pertama, berarti Anda harus siap-siap repot untuk belanja semua kebutuhan material. Namun, pasti Anda akan dijamin puas, karena bisa menentukan sendiri bahan bangunan yang hendak digunakan. Dan yang pasti,sedikit banyak tentu akan dapat menekan biaya. Sedangkan bagi Anda yang tak punya cukup waktu untuk belanja material, tak ada salahnya menggunakan jasa borong sekaligus. Yang pasti, awasi kualitas material yang digunakan.
Waktu yang tepat
Jangan merenovasi rumah kala musim hujan datang. Pertimbangkan faktor cuaca karena akan mempengaruhi kualitas kerja dan kualitas material. Terutama pekerjaan yang terkait dengan bongkar pasang atap atau pengecatan rumah.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Home Article 1

07-07-2004 Hits:271596 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:258148 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:242350 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:238040 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:70910 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:69760 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:69431 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Lampu Gantung-Antara Fungsi dan Estetik…

10-09-2011 Hits:60904 Etalase

Lampu Gantung-Antara Fungsi  dan Estetika

Lampu tidak sekadar sebagai alat untuk mendapatkan cahaya atau penerangan buatan. Namun lampu juga dapat berfungsi sebagai elemen estetis dalam ruangan. Sebuah ruangan tentu makin terlihat apik dan menarik dengan...

Read more

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi…

13-09-2018 Hits:59194 MATERIAL

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi Juga Estetik

Material baja lapis dikenal dengan kekuatan dan ketahanannya. Namun bagi baja lapis Colorbond produksi NS BlueScope Indonesia, bukan hanya kuat dan hemat energi, namun juga tampilan estetika arsitekturnya turut diperhatikan....

Read more

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

29-11-2019 Hits:46170 ACARA / EVENT

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

IKEA, perusahaan perlengkapan rumah tangga asal Swedia, resmi membuka took kedua di Indonesia, yang berlokasi di jalan MH Thamrin, Sentul City, Bogor, pada Kamis, 28 Nopember 2019. Menempati lahan seluas...

Read more

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

04-03-2013 Hits:44430 RUANG KERJA

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

     BEKERJA DI RUMAH ACAPKALI MENJADI SEBUAH PILIHAN. DI SISI LAIN, RUMAH CENDERUNG DIRANCANG SEBAGAI HUNIAN KELUARGA. BAGAIMANA MEWADAHI AKTIVITAS KERJA TANPA MENGABAIKAN FUNGSI LAIN? MERANCANG RUANG KERJA MULTIFUNGSI ADALAH...

Read more

Nyaman Berkantor di Rumah

11-08-2011 Hits:36175 Tips

Nyaman Berkantor di Rumah

Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

Read more

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran …

15-05-2021 Hits:27006 ACARA / EVENT

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran Perangkat Bespoke di ‘Bespoke Home 2021’

Samsung Electronics pada 11 Mei 2021 membuka Bespoke Home 2021, platform virtual baru yang menampilkan secara global produk-produk Samsung Home Appliances. Event ini menyoroti ekspansi global jajaran kulkas Bespoke dan menjadi...

Read more

Admiralty Residence KENYAMANAN SEBUAH HU…

04-04-2009 Hits:26152 Rekomendasi

Admiralty Residence KENYAMANAN SEBUAH HUNIAN

Keunggulan utama Admiralty Residence, tergambar dengan jelas dari lokasi, penataan kawasan hunian serta desain rumah yang mengutamakan kenyamanan bagi seluruh penghuninya.Kawasan perumahan yang dikembangkan oleh PT Harmas Jalesveva ini mengusung...

Read more

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magic…

28-03-2012 Hits:24931 Info

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magical christmas journey”

Menyambut Natal dan tahun baru 2012, HDII dan Vivere mengadakan acara “ A Magical Christmas Journey”.

Read more

Online User

Kami memiliki 38 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com