• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Memaksimalkan Fungsi Ruang

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 02 Agustus 2010 16:47
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 2538
  • 02 Agu
Bingung memilih furnitur karena tak sesuai dengan keinginan dan bentuk ruang? Coba lirik furnitur built-in. Furnitur built-in mampu mengatasi keterbatasan dan kekurangan ruang. Jika diartikan secara harfiah, furnitur built-in adalah perabot yang ditanam. Perabot ini memang dibuat dengan desain dan ukuran sesuai ruangan tempat untuk meletakkan furnitur tersebut, sehingga perabot itu terkesan seperti ditanam didalam ruang.

Ukuran yang dijadikan patokan adalah kondisi eksisting, dengan memanfaatkan setiap celah yang ada. Selain dapat memaksimalkan penggunaan ruang, furnitur built-in juga dapat dipakai untuk menutupi kekurangan elemen ruang. Misalnya menutup dinding miring atau permukaan lantai yang tidak rata. Sudut ruang yang tersisa, daripada dibiarkan kosong, tak ada salahnya dimanfaatkan.

Sepintas memang furnitur built-in nampak sedikit merugikan. Pasalnya furnitur ini tampil permanen dan tak bisa dipindah ketika mengisi ruang. Apalagi ketika nantinya kebutuhan ruang makin berkembang dan memaksa terjadi perluasan. Ttak jarang furnitur built-in harus dibongkar dan tak terpakai  dikemudian hari. N namun tak berarti furnitur ini lantas ditinggalkan orang. Kini banyak orang mulai melirik dan memperhatikan space ‘tak berguna’ dalam rumahnya untuk diisi dengan furnitur built.

kelebihan furniture built-in

Pertama :
Maksimalkan fungsi ruang

Jika dicermati, furnitur built-in adalah solusi untuk memaksimalkan fungsi ruang, dan tidak menyisakan sedikitpun adanya celah. Misalnya memanfaatkan sudut ruang atau ruang sisa di bawah tangga sebagai lemari, sehingga akan memberikan kesan rapi sekaligus memaksimalkan sisa ruang.

Kedua :
Eksklusif
Nilai eksklusif terjaga, karena modelnya disesuaikan dengan kebutuhan ruang dan kenginan Anda. Misalnya desain set tempat tidur atau dapur (kitchen set). Desain dan ukuran disesuaikan dengan kebutuhan pemilik ruang, dan tak ada kemungkinan untuk disamai.

Ketiga :

Penampilan Rapi dan Kompak
Desain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan telah menyatu dengan ruang, membuat rumah terlihat lebih rapih, bersih,dan kompak. Apalagi jika furnitur juga didesain sebagai storage yang bisa menyimpan barang lain didalamnya.

Keempat :
Harga Fleksibel

Harganya fleksibel, bisa lebih mahal atau sebaliknya lebih murah daripada furnitur biasa. Semua tergantung dari model, ukuran, kualitas bahan dan proses pengerjaan.
 

Kelemahan furniture built-in
Pertama :
Waktu Pengerjaan

Butuh waktu agak lama pengerjaannya, mulai dari desain, pengukuran, pemilihan bahan, pengerjaan sampai pemasangan. Hal ini penting, agar kelak tidak terjadi kesalahan ataupun ketidaksesuaian ketika furnitur telah terpasang.

Tak Bisa Dipindah
Sudah jelas bahwa furnitue built-in tidak bisa dirubah posisinya, karena perabot sudah ditanam dalam ruang. Solusinya adalah, pilih furniture built-in dengan model yang lebih simpel dan warna-warna netral, sehingga gampang disesuaikan dengan elemen interior lain.

Kiat menekan harga

{mosimage}{mosimage}

Substitusi Material. Selain rangka 1. utama, kita bisa melakukan substitusi material. Rrangka utama harus menggunakan bahan berkualitas, karena menjadi kekuatan utama furnitur. Pilih material finishing dengan harga yang lebih murah, semisal pilih keramik daripada granit untuk top table dapur, atau finishing vernis menggantikan polyurethane. Minimalkan desain. Pilih desain 2. yang sederhana, yang tidak memakan banyak material dan tidak rumit pengerjaannya. Makin rumit desain, makin mahal harga furnitur.

Cermat memilih produsen. 3. Di pasaran, banyak tersedia jasa pembuat furnitur. Makin terkenal dan makin jauh lokasi pembuat jasa, makin mahal harga furniturnya. Selain dibebani ongkos jasa pengantaran yang lebih mahal, faktor “terkenal” si jasa pembuat biasanya mempengaruhi harga. Jika memungkinkan, pesan langsung ke tukang furnitur, berbekal gambar atau model yang Anda inginkan. Pilih tukang atau produsen yang berpengalaman. Lihat produk yang pernah dihasilkan, dan andalkan referensi teman.

Comments   

0 #3 miyani 2016-05-21 00:30
Furnitur built-in mampu mengatasi keterbatasan dan kekurangan ruang.
Quote
0 #2 miyani 2016-05-21 00:29
Furnitur built-in mampu mengatasi keterbatasan dan kekurangan ruang. saya sangat setuju dengan perkataan itu.
Quote
0 #1 miyani 2016-05-21 00:25
menurut saya furnitue built-in kelemahan nya tidak bisa di pindah tempatkan.
kic-indonesia.com
veneer white oak
veneer jati
veneer kayu
veneer import
Quote

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:30362 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:30006 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:29613 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Home Article 1

07-07-2004 Hits:15499 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:14464 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:13929 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:13402 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:12812 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:12706 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:10023 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Condotel, Leasehold & Freehold

31-08-2010 Hits:9888 Properti

Condotel, Leasehold & Freehold

tahun-tahun terakhir ini di Bali menjamur properti berupa Condotel dan Villa, sebenarnya Condotel itu apa? Kemudian villa-villa di Bali terdapat dua sistem kepemilikan yaitu Leasehold dan Freehold, Condotel atau hotel-condo...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:9633 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:8037 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:7939 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:7424 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Online User

Kami memiliki 24 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com