• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Mengatur Ruang Kerja Dosen

  • Kategori Induk: TIPS & ACCESSORIES
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Rabu, 08 April 2009 18:28
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1555
  • 08 Apr
Pertanyaan:

Yth. Redaksi Majalah Rumahku,
Terimakasih atas terjawabnya surat saya. Saya Marulak Pasaribu, seorang dosen di sebuah Sekolah Tinggi di Solo. Saat ini saya sedang berusaha untuk mengatur ruang kerja saya yang baru saya tempati. Saya mengalami kesulitan dalam mengatur ruang kerja tersebut. Perlu saya sampaikan bahwa ruang baru yang saya tempati berukuran 3 X 5 m. Kondisi yang saya inginkan adalah supaya ruang kerja ini dapat berfungsi dengan nyaman untuk keperluan bekerja, belajar dan melakukan konsultasi dengan para mahasiswa. Saya juga ingin sampaikan beberapa yang menjadi pertimbangan saya dalam pengaturan ruang, diantaranya adalah:
1.    Ruang ini digunakan untuk  mengetik bahan ajar, membuat diktat perkuliahan, saya             sering menggunakan banyak buku referensi sehingga kadang meja sering berantakan.             Oya, saya juga sering menggunakan laptop.
2.    Saya menggunakan ruang ini sebagai ruang tamu, untuk konsultasi tesis dan skripsi,             mahasiswa berada di ruangan untuk melihat transkrip nilai dan  menyerahkan tugas-            tugas perkuliahan.
3.    Mengakses internet ( waktu untuk internet lebih banyak).
4.    Saya tidak terbiasa duduk di depan meja dalam waktu yang lama (paling lama 2 jam)
5.    Saya senang kalau ada tamu yang datang untuk berdiskusi dengan saya.
6.    Kalau hujan ada tampias air yang masuk ke dalam ruangan saya, karena ruang ini             berada tepat di posisi  samping bangunan, yang berbatasan langsung dengan                 halaman.
7.    Pada sore hari ruangan menjadi panas karena sinar matahari yang masuk secara             langsung ke dalam ruang.
Saya juga lampirkan denah asal ruang, semoga dapat membantu Bapak dalam             memberikan konsultasi ini.
Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas jawaban dan masukan yang diberikan.

Marulak Pasaribu- Solo Jawaban :

Yth. Bapak Marulak Pasaribu di Solo.
Memang menyenangkan mendapatkan ruangan yang baru yang dapat ditempati. Tetapi memang cukup sulit untuk mengatur ruang menjadi nyaman sehingga kita yang menempatinya juga akan mendapatkan kenyamanan dalam menempatinya.
Saya senang Bapak dapat menyampaikan apa yang menjadi aktifitas dan keinginan Bapak  melalui rincian kebutuhan seperti yang sudah disampaikan.
Saya menyarankan supaya ruang kerja Bapak dilengkapi dengan:
1.    Meja Kerja sekaligus meja komputer/Notebook
2.    Papan Agenda Kerja
3.    Papan Info Kegiatan dalam sehari
4.    3 Kursi ( 2 kursi hadap untuk konsultasi  dengan mahsiswa/ tamu dan 1 kursi untuk             Bapak gunakan)
5.    Lemari Buku
6.    Display Branding ( mencantumkan nama  institusi kerja sebagai branding image)
7.    Credenza ( sebagai tempat menyimpan buku/ tugas mahasiswa)
8.    Dispenser ( air panas dan air dingin, sekaligus  tempat menyimpan gelas, teh,gula dan             makanan kecil, juga persiapan apabila ada  tamu-tamu tertentu )
9.    Pot Bunga atau Patung sebagai hiasan ruang.
Selanjutnya tempatkan meja sebagai area kerja Bapak menghadap ke arah papan agenda kerja sehingga Bapak akan selalu mengingat  rencana-rencana dan program kerja yang akan dilakukan. Papan kerja ini akan berisi informasi semua rencana-rencana kerja baik dalam kegiatan mengajar atau kegiatan lain. Semua buku-buku yang selalu digunakan untuk referensi termasuk buku-buku yang sering dibaca dan digunakan  dapat diletakkan di lemari sehingga terlihat dengan mudah dan mudah pula dalam mencarinya. Credenza digunakan sebagai tempat penyimpanan buku-buku atau arsip yang mungkin hanya diperlukan sesekali dalam pengecekan data arsip, ini diletakkan di bagian tepi ruangan sehingga ruangan akan tampak tertata rapi. Bapak juga dapat meletakkan beberapa souvenir dan buku baru di atas credenza untuk memberikan semangat dalam bekerja.  Saya menempatkan dispenser kecil ( pilih dispenser yang memiliki lemari simpan) di dalam  ruang Bapak sehingga Bapak akan dengan mudah mengambil minuman kemasan atau  makanan ringan, sewaktu ada  tamu yang datang sedangkan petugas minuman sedang tidak berada di tempatnya. Tempatkan bunga, patung atau assesories lain yang paling disukai sebagai aksen di dalam ruangan Bapak.
Tentang tampias air dari luar harus diatasi dengan pembuatan kanopi dari bagian luar bangunan, sedangkan untuk mngurangi panas matahari pada sore hari Bapak dapat menempatkan tirai( wooden blind yaitu tirai kayu, vertical blind yaitu tirai berpola vertical atau horizontal blind yaitu tirai berpola horisontal) sehingga cahaya dan panas matahari yang masuk  ke dalam ruangan akan sangat sedikit. Hal lain untuk mengatasinya adalah dengan menempatkan tanaman pot yang cukup tinggi di luar ruangan asalkan tidak menggangu pandangan ke arah luar ( pilih tanaman yang berdaun lebar dan artistik bentuknya).
Selain hal-hal yang saya sampaikan, perlu diingat pula dalam pengaturan ruang ini perlu dipikirkan hal-hal yang terkait dengan pengaturan kabel dan jaringan kelistrikan seperti  internet, lampu dan telepon yang perlu ditata dengan rapi sehingga tidak berbahaya bagi pengguna. Suhu ruangan perlu dijaga untuk  selalu sejuk, gunakan AC atau penghawaan alami apabila memang memungkinkan, pasanglah musik yang lembut yang dapat membangkitkan inspirasi dalam bekerja. Warna- warna di dalam ruang dapat dipilih warna-warna pastel yang menyejukkan, seperti cream, blue , broken white, yellow pale ( warna bergantung kesukaan masing-masing individu), dalam mengatur warna sesuaikan pula dengan warna-warna perabot di dalam ruangan Bapak.
Sekian informasi dan masukan yang dapat saya sampaikan, kiranya berkenan.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:12339 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:10888 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:9159 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:8445 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:8423 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:7044 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:5965 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5671 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:5288 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:5105 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:5009 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:4961 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4928 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4807 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4792 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Online User

Kami memiliki 41 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com