• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Kolam Parit di Lahan Sempit

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 22 Februari 2011 16:41
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 2894
  • 22 Feb

      Kolam bergaya parit bisa mengatasi keterbatasan lahan di rumah Anda. Dan juga sebagai elemen penunjang gaya penataan taman Anda secara keseluruhan.

 

 

 

 

Darimana Asalnya?

      Gaya kolam parit mulai marak sejak sepuluh tahun lalu. Ada yang bilang kolam parit merupakan adapatasi dari kolam sari di Keraton Yogjakarta atau kolam air di Bali. Namun ada pula yang menyebutkan, idenya didapat dari kastil-kastil kuno kerajaan Inggris dahulu, yang biasanya dikelilingi oleh kolam parit yang cukup luas dan dalam untuk menghalau musuh.
 
 
 
Apa Fungsinya ?
       Secara fungsional, kolam parit dapat melindungi dinding rumah dari kotoran akibat tercipratnya tampias air hujan yang bercampur dengan tanah. Jadi, jika Anda meletakkan kolam parit tepat dibawah tepian atap, maka limpahan air hujan yang mendera atap akan jatuh ke dalam kolam parit. Dengan kedalaman yang cukup, maka air tidak akan muncrat ke luar bersama-sama dengan tanah mengotori dinding luar rumah Anda. Tapi, jangan lupa beri jarak secukupnya dari dinding rumah Anda minimal sejauh 50 cm. Dan pada area itu, sebaiknya penuhi dengan tanaman hias agar tanahnya tertutup.

      Atau, Anda juga dapat menggunakan kolam parit sebagai sumur resapan. Cukup membiarkan dasar kolam parit Anda berupa tanah asal. Untuk mencegah keruhnya kolam karena air bercampur dengan tanah, taburkan koral atau kerikil di dasar kolam parit. Sebaiknya pilih batu koral berukuran kecil, agar rata menutupi permukaan tanah dasar kolam. Selain itu, banyak orang mengaplikasikan kolam parit di halaman rumah, karena alasan estetika atau untuk mempercantik halaman. Sehingga penempatannya menjadi tidak mutlak lagi di sekelling rumah, tapi bisa sesuka si empunya rumah.
 
Berapa Ukurannya?

       Kolam parit jelas bentuknya kecil memanjang seperti parit. Tidak ada patokan ukuran secara khusus. Namun secara umum, ukuran panjangnya jauh lebih besar dibanding ukuran lebarnya. Karena itu kolam ini sangat sesuai untuk ditempatkan di halaman sempit. Tapi tidak berarti kolam parit tidak layak diletakkan di halaman yang luas. Sah-sah saja, karena semuanya tergantung keinginan dan selera Anda.

          Kolam parit, umumnya diletakkan di sekitar teras, mengelilingi teras atau di dekat keliling dinding rumah. Penempatan bisa disesuaikan dengan bentuk kolam yang memanjang, atau bisa menjadi bingkai atau lis yang menarik bagi teras atau bangunan rumah secara keseluruhan. Kolam parit juga sangat menjawab tuntutan fleksibilitas, akibat semakin terbatasnya lahan untuk rumah. Bahwa rumah dengan luasan terbatas pun tetap bisa mrenghadirkan kesejukan dan kecantikan kolam di halaman.
 
Bikin Bak Penyaring?

         Kolam parit juga membutuhkan bak penyaring. Bak penyaring sebaiknya ditempatkan di dekat saluran pembuangan. Untuk memperlancar dan mempercepat aliran air, pipa yang mengalirkan air dari output kolam ke bak penyaring sebaiknya dimiringkan.
         
          Bak penyaring terdiri dari tiga bak yang berjajar horizontal dan saling berhubungan. Ukurannya tidak usah terlalu besar. Bak pertama diisi dengan batu kerikil, koral dan ijuk. Fungsinya untuk menyaring kotoran yang berukuran cukup besar. Bak yang kedua diisi lapisan zeolit dan arang aktif (zeolit berada dilapisan bawah). Ini berguna untuk menyerap zat beracun yang berada di dalam kolam. 
 
         Sementara bak ketiga dilengkapi dengan pompa. Sebaiknya sesuaikan dengan jarak bak penampung ke kolam dan seberapa tinggi Anda ingin menjatuhkan air. Dan untuk memudahkan pengurasan , sebaiknya Anda juga membuat dasar kolam dengan kemiringan ke satu titik lubang pembuangan.

Apa saja isinya ?
        
        Anda bisa mengisi kolam parit dengan ikan-ikan kecil yang akan memakan jentik nyamuk. Atau memilih jenis ikan konsumsi seperti emas, tawes atau nila. Untuk mempercantik penampilan kolam parit, Anda bisa menambahkan tanaman air seperti Cyperus Papyrus dan lotus. Pemilihan tanaman yang berperawakan tinggi kurus ini menyesuaikan dengan kolam yang sempit dan memanjang.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11962 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:10607 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8929 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:8128 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:7656 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6793 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:5535 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5434 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:5114 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4948 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4715 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4708 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4630 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4571 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:4541 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 56 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com