• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Tren Bahan Bangunan 2009 Inovasi Baru di Tahun Baru

Mempertahankan image sebuah produk di pasar memang tak mudah. Selain tingkat persaingan yang ketat, produsen bahan bangunan dituntut untuk terus berinovasi agar  produk tetap dikenal oleh pasar.
Hantaman krisis keuangan global dan kenaikan BBM sangat terasa bagi industri bahan bangunan. Solusi yang diambil oleh produsen, mengeluarkan produk yang disesuaikan dengan kondisi pasar.

Namun kualitas tetap dipertahankan. Harga pun turut disesuaikan. Sejak kenaikan harga BBM termasuk untuk industri, mengakibatkan sebagian besar produsen tak sanggup menahan derasnya hantaman kenaikan semua bahan pokok. Akhirnya mereka harus ambil jalan pintas gulung tikar.

Efek yang ditimbulkan berlanjut pada eskalasi pembangunan proyek perumahan dengan menaikkan harga jual satuan unit rumah. Kendati demikian permintaan akan bahan bangunan terus meningkat. Praktis bisa disebut permintaan bahan bangunan di pasaran tetap laris manis.
Apalagi dengan berjalannya program dari pemerintah untuk membangun proyek seribu tower rumah susun dan program sejuta rumah, permintaan bahan bangunan diperkirakan tetap bakal melonjak. Oleh karena itu untuk mengantisipasi permintaan ini beberapa produsen bahan bangunan mulai menggenjot produksi.
Selain terus berinovasi mengeluarkan produk baru, tahun 2009 tren bahan bangunan lebih banyak mengarah pada nilai estetika dan kelebihan pada segi pemakaian. Inovasi harga ternyata juga dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh KIA Keramik. KIA Keramik mengeluarkan produk terbarun Roof Tiles Silver Black dengan harga Rp 7.500. cukup terjangkau. Menurut Senior Marketing Manager PT KIA Keramik, tren bahan bangunan 2009 masih didominasi oleh desain yang minimalis. “Tren rumah dengan gaya minimalis masioh terus digemari. Nah genteng KIA Keramik mengeluarkan koleksi terbaiknya untuk disandingkan dengan rumah minimalis,” paparnya.
Contoh lain, kaca dan Styrefoam juga jadi tren pengganti bata merah atau batako untuk dinding. Kaca tak hanya cocok diaplikasikan pada gedung, rumah tinggal pun kini sudah banyak yang memakai kaca sebagai elemen utama. Pemakaian kaca pada bangunan rumah menjadikan rumah punya kesan lapang.
Dahulu, tempat yang memiliki konstruksi bangunan berbahan kaca terbatas pada gedung-gedung perkantoran dan gedung pencakar langit saja. Namun, tampaknya tren menggunakan kaca sudah “mampir” ke dunia properti rumah tinggal. Kini, kaca telah menjadi struktur inti dan elemen desain untuk banyak rumah tinggal. Penggunaan kaca, dari segi penerangan, sangat berguna karena membantu mengantarkan cahaya sinar matahari langsung ke dalam rumah, tentunya pada siang hari.
Meningkatnya penggunaan kaca sebagai bahan dasar konstruksi rumah seiring sejalan dengan meningkatnya produksi dan teknologi kaca itu sendiri. Awalnya orang ragu-ragu menggunakan kaca sebagai bahan dasar konstruksi bangunan rumah karena terkesan rawan pecah. Namun, seiring meningkatnya kecanggihan teknologi, kaca pada zaman modern seperti saat ini bisa dibuat lebih kuat, lebih aman, dan efisien untuk energi.
“Dulu kaca di perumahan hanya sebatas kaca jendela, sebagai tempat keluar-masuk udara dan cahaya. Sekarang penggunaannya sudah difungsikan sebagai elemen arsitektur interior juga eksterior,” kata arsitek Marina L.
Begitu pula dengan Styrofoam. Aplikasinya pada bangunan bisa menggantikan dinding konvensional. Walau terkesan kurang kuat, namun untuk biaya yang dikeluarkan sangat murah. Selama ini produk Styrofoam, masuk dalam kategori bahan material yang tak ramah lingkungan, dikarenakan pengolahan limbahnya sulit. Bahan dasar Styrofoam yaitu polystyrene mempunyai sifat racun yang tinggi. Karena plastik atau gabus tadi mempunyai reaktif terhadap suhu tinggi. Namun kini Styrofoam sudah masuk dalam kategori green material. Kebutuhannya karena Styrofoam mampu menyerap panas yang diterima serta mampu menghemat listrik. 
Kemungkinan, tren bahan bangunan 2009 memang mengarah pada green material. Hanya saja disayangkan, harga green material belum sepenuhnya di pahami oleh masyarakat disamping harganya yang memang cukup mahal.
Setidaknya, bahan bangunan alternatif tadi sudah mampu menjawab isu global warming. Tinggal bagaimana produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat baik dari kualitas dan harga yang terjangkau.
Marmer

Penggunaan marmer atau batu pualam pada bangunan, biasa digunakan untuk lantai atau dinding. Penggunaannya pada lantai bisa memperkuat kesan mewah dan elegan dengan tampilan yang disesuaikan pada tema ruang atau bangunan. Penampilannya dikategorikan pada dua tipe yaitu ordinario dan staturio. Tipe ordinario biasanya digunakan untuk pembuatan tempat mandi, meja-meja, dinding dan sebagainya, sedangkan tipe staturio sering dipakai untuk seni pahat dan patung.
Ada banyak jenis marmer lokal maupun impor. Yang lokal misalnya marmer Citatah dan Tulungagung. Sedangkan yang impor kebanyakan dari Cina, Itali dan India. Kualitas marmer produk lokal dan impor relatif sama. Bedanya hanya pada teknik pemotongan/penggosokan, pemilihan bahan baku (makin tua bahan batu cadasnya makin baik produk marmernya) dan varian warna.
Varian warna marmer impor lebih kaya ketimbang lokal. Sebagai pelapis lantai atau dinding, marmer terkenal keras, awet, indah, megah, mengkilat, dan membuat ruangan menjadi dingin. Makin tua usia marmer makin indah penampilannya, asal penempatannya tepat dan perawatan dilakukan berkala.

Genteng Metal

Dari tampilannya, genteng metal hampir mirip dengan genteng beton atau tradisional. Yang membedakan hanya bahan dasarnya saja. Genteng metal diproduksi dari bahan baja ringan dan galvanis. Menurut Sales & Marketing Manager PT Deco Plafonta Utama, Ozie Hansery Moechlis, meski banyak model dan desain genteng metal dipasaran, Audie Roof keluarannya cukup diminati dipasar. Ini karena memiliki keunggulan dari kualitas bahan dan warna beragam. 

Gipsum

ERA dinding konvensional pada bahan bangunan saat kini tampaknya mulai bergeser akibat kehadiran produk gypsum keluaran PT Knauf Gypsum Indonesia (KGI). KGI mengklaim lewat Knauf Drywall System yang dimilikinya dinding-dinding konvensional (batu bata) yang masih menjadi rujukan rancang bangun pembangunan, saat kini sudah bisa ditinggalkan.
Dari sisi penghematan biaya, PT KGI meng-kalkulasi untuk sebuah bangunan rusunami yang memiliki luasan dinding sebesar kurang lebih 100 m2 dapat dikerjakan dalam waktu 2,5 hari oleh 2 orang tukang gypsum. Bandingkan jika dikerjakan dengan menggunakan material konvensional (batu bata). Waktu pengerjaannya membutuhkan waktu 5 hari dengan jumlah tukang yang sama. Dalam satu hari atau 8 jam kerja, dua orang tukang gipsum dapat menyelesaikan 40 m2 dinding. Sebagai elemen dinding dan plafon, gipsum ringan, praktis dan menunjang fungsi ruang yang diinginkan
Selain untuk plafon, gipsum bisa dipakai untuk dinding partisi seperti penyekat kamar dan lining wall (penutup tembok). Hanya saja gipsum tak bisa diaplikasikan untuk eksterior, kolom dinding atau penahan beban. Gipsum terbuat dari batu putih yang terbentuk karena pengendapan air laut. Bahan itu kemudian dipanaskan dalam temperatur 175 derajat sehingga membentuk material bernama stucco. Stucco dicampur air, zat aditif, dan diolah menjadi papan gipsum dengan dilapisi kertas khusus di permukaannya.
Papan gipsum di pasar umumnya berukuran 1,2 x 2,4 m. Ukuran lain bisa dipesan. Ketebalan antara 9-15 mm. Tipe standar warnanya putih. Gipsum standar lebih kuat menahan api dibanding triplek, sehingga ada waktu menyelamatkan isi ruang saat kebakaran. Selain itu juga mampu menepis panas. Sementara gipsum berwarna didesain untuk berbagai fungsi seperti ruang kedap suara, ruang tahan api, dan ruang lembab.
Dinding Beton

Penerapan teknologi ramah lingkungan menghasilkan produk sejenis. Contohnya material dinding beton ringan. Dinding beton kini mulai diperkenalkan sejak isu global warming merebak. Awalnya, orang masih belum mau menggunakan karena bahan dasar yang dipakai adalah gabus/Styrofoam sangat sulit untuk diolah atau diurai meski hanya berbobot 15 kg/m3.
Sedangkan untuk berat total bisa mencapai 400 kg/m3, jauh lebih ringan ketimbang beton biasa dengan berat mencapai 2400 kg/m3. Berkat teknologi maju, material ini selain ramah lingkungan, juga bisa digunakan untuk pemakaian berbagai jenis bangunan seperti gedung, rumah mewah, ruko, perkantoran, gudang hingga bangunan bertingkat.
Keunggulannya, selain mampu menyerap panas dengan baik pada pemakaian dinding, juga dapat menghemat pemakaian listrik. Karena ringannya, untuk pemasangan pun terbilang cukup cepat dan hemat biaya struktur seperti pondasi. Satu lagi keunggulannya, dinding beton ini bisa diaplikasi pada daerah rawan gempa dan area tanah basah. Hanya saja masyarakat belum sepenuhnya melek akan green material. Alasannya, masih belum banyak beredar dipasaran dan harga jualnya realtif mahal.

Genteng Beton

KIA Keramik meluncurkan produk untuk atap, Roof Tile Silver Black. Produk genteng keluaran baru ini memiliki desain yang sama dengan genteng yang diproduksi sebelumnya. Bedanya, produk baru ini dikeluarkan dengan warna hitam yang disesuaikan dengan tren minimalis saat ini.
KIA menjamin kekuatan produk ini lebih tahan lama dibanding atap flat beton yang cepat hancur saat kondisi cuaca tak menentu. Silver Black diluncurkan dengan nuansa abu-abu tua mengkilap ini diharapkan dapat memberi sentuhan moderen yang lebih anggun pada rumah minimalis. KIA merilis produk ini dengan harga jual hanya Rp. 7.500.
Menurut Senior Marketing Manager PT KIA, Sudaru Dono, bahwa produk ini diluncurkan untuk memenuhi permintaan pasar desain minimalis. “Tren rumah minimalis masih diminati di tahun 2009. Untuk itu kami meluncurkan produk Silver Black ini untuk melengkapi koleksi minimalis,”paparnya. 

Kia Roof Tile Silver Black

Lebih Glossy,Solid Dan Terjangkau

PT Keramika Indonesia Assosiasi (KIA) telah menjadi industri keramik yang pertama memproduksi keramik lantai, keramik dinding dan genteng. Seiring dengan perjalanannya, KIA telah memiliki tiga pabrik yang berlokasi di Cileungsi, Karawang dan Gresik. Dari hasil ketiga pabrik tersebut, KIA secara nonstop memproduksi keramik untuk memenuhi permintaan distributor di seluruh Indonesia.
Hingga sekarang KIA Keramik dikenal sebagai pioneer in Ceramics. “ Posisi kami selalu didukung oleh Consumer Service yang handal, baik oleh tenaga marketing maupun manufacturing,” ujar Sudaru Dono, Senior Marketing Manager, PT KIA Keramik.
Ditambahkan Dono, konsumen keramik KIA saat ini terdiri dari end-user, retailer whole saler, modern market dan kontraktor. Namun, retailer memegang posisi terbesar dari porsi penjualan keramik KIA. Hal itu tidak menyurutkan niat KIA untuk tetap menggempur ke segmen lain, seperti mencoba untk masuk ke pasar konstruksi, misalnya kerjasama untuk pembangunan beberapa proyek perumahan dan lain sebagainya.
Selain melayani pasar lokal, KIA juga merambah ke pasar ekspor. Sekitar 20%-30% dari kapasitas produksinya mampu diserap pasar ekspor. Seperti permintaan di pasar Asia Pacific, Eropa, Asia, hingga Timur Tengah. Sedangkan sisanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.
Untuk tahun 2009, KIA selalu tampil di depan dengan meluncurkan produk terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumen setianya. Roof Tile Silver Black, produk anyar ini akan melengkapi keindahan eksterior rumah. “Tren desain rumah tahun 2009 masih didominasi desain yang minimalis. KIA akan memenuhinya dengan mengeluarkan produk terbaru tadi,”tambah Dono.
Seperti kita ketahui, peranan penutup atap pada struktur bangunan sangat penting. Hanya saja harus disesuaikan dengan kebutuhan tema bangunan. Produsen atap sudah mengeluarkan inovasi terbaru untuk memenuhi permintaan pasar terhadap tema bangunan.
Silver Black memiliki desain dan kekuatan yang sama dengan gentang yang sudah pernah diproduksi KIA sebelumnya.” Silver Black hadir dengan warna yang lebih menarik dan desain yang sesuai dengan tema minimalis. Untuk harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp. 7.500/piece,”katanya lagi.
Karena diproduksi dengan teknologi tinggi ketahanan bahan jadi urutan pertama dari keunggulannya. Dibanding dengan genteng jenis flat, Silver Black lebih tahan terhadap segala kondisi cuaca Indonesia.
“KIA sangat memahami keinginan konsumen. Silver Black hadir untuk memperkaya perkembangan tren minimalis dengan warna-warna sederhana namun tetap elegan. Nuansa abu-abu tua mengkilap ini diharapkan dapat memberi sentuhan moderen yang lebih anggun pada rumah minimalis anda,”tutup Dono.
 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Home Article 1

07-07-2004 Hits:272711 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:259273 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:243394 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:239198 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:71940 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:70785 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:70429 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Lampu Gantung-Antara Fungsi dan Estetik…

10-09-2011 Hits:62864 Etalase

Lampu Gantung-Antara Fungsi  dan Estetika

Lampu tidak sekadar sebagai alat untuk mendapatkan cahaya atau penerangan buatan. Namun lampu juga dapat berfungsi sebagai elemen estetis dalam ruangan. Sebuah ruangan tentu makin terlihat apik dan menarik dengan...

Read more

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi…

13-09-2018 Hits:59466 MATERIAL

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi Juga Estetik

Material baja lapis dikenal dengan kekuatan dan ketahanannya. Namun bagi baja lapis Colorbond produksi NS BlueScope Indonesia, bukan hanya kuat dan hemat energi, namun juga tampilan estetika arsitekturnya turut diperhatikan....

Read more

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

29-11-2019 Hits:46486 ACARA / EVENT

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

IKEA, perusahaan perlengkapan rumah tangga asal Swedia, resmi membuka took kedua di Indonesia, yang berlokasi di jalan MH Thamrin, Sentul City, Bogor, pada Kamis, 28 Nopember 2019. Menempati lahan seluas...

Read more

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

04-03-2013 Hits:45572 RUANG KERJA

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

     BEKERJA DI RUMAH ACAPKALI MENJADI SEBUAH PILIHAN. DI SISI LAIN, RUMAH CENDERUNG DIRANCANG SEBAGAI HUNIAN KELUARGA. BAGAIMANA MEWADAHI AKTIVITAS KERJA TANPA MENGABAIKAN FUNGSI LAIN? MERANCANG RUANG KERJA MULTIFUNGSI ADALAH...

Read more

Nyaman Berkantor di Rumah

11-08-2011 Hits:36628 Tips

Nyaman Berkantor di Rumah

Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

Read more

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran …

15-05-2021 Hits:27610 ACARA / EVENT

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran Perangkat Bespoke di ‘Bespoke Home 2021’

Samsung Electronics pada 11 Mei 2021 membuka Bespoke Home 2021, platform virtual baru yang menampilkan secara global produk-produk Samsung Home Appliances. Event ini menyoroti ekspansi global jajaran kulkas Bespoke dan menjadi...

Read more

Admiralty Residence KENYAMANAN SEBUAH HU…

04-04-2009 Hits:26401 Rekomendasi

Admiralty Residence KENYAMANAN SEBUAH HUNIAN

Keunggulan utama Admiralty Residence, tergambar dengan jelas dari lokasi, penataan kawasan hunian serta desain rumah yang mengutamakan kenyamanan bagi seluruh penghuninya.Kawasan perumahan yang dikembangkan oleh PT Harmas Jalesveva ini mengusung...

Read more

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magic…

28-03-2012 Hits:25034 Info

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magical christmas journey”

Menyambut Natal dan tahun baru 2012, HDII dan Vivere mengadakan acara “ A Magical Christmas Journey”.

Read more

Online User

Kami memiliki 28 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com