• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Seni Unik Si Kaca Patri

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Jumat, 01 Juli 2011 07:00
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 3838
  • 01 Jul

Keindahan unik dari seni kaca kuno ini bisa menambah aksen dan menghidupkan suasana ruang interior Anda. Tertarik, segera dandani rumah Anda dengan lukisan dari kaca patri.

 

Apa Itu Kaca Patri?

Kaca patri sebenarnya merupakan sebuah seni kaca kuno yang dikenal sejak abad ke-10. Dahulu kaca hias ini hanya ditemukan di jendela-jendela gereja, dan motif yang dibuat pun berhubungan dengan kisah-kisah di Alkitab. Jaman sekarang, kaca patri tidak lagi identik dengan bangunan gereja. Kini, kantor, pusat perbelanjaan, sampai rumah, banyak yang dihiasi dengan kaca patri.

Alasan Utama Menggunakan Kaca Patri?
Alasan utama orang menggunakan kaca patri karena kesan mewah dan karakter yang diciptakannya. Selain itu, model ornamen berupa kaca patri nyaris tidak terbatas. Layaknya orang melukis pada kanvas, model kaca patri bisa disesuaikan dengan gaya bangunan saat kini.

Mengapa disebut Kaca Patri?

Sejatinya, kaca patri dibuat dari kaca khusus yang berwarna atau sering disebut stained glass. Kaca ini dipotong potong dan disusun kembali sehingga membentuk suatu pola atau gambar tertentu. Menggabungkan potongan potongan kaca dilakukan dengan cara dipatri, alias menggunakan timah yang dipanaskan hingga cair. Inilah alasan mengapa kaca jenis ini sering disebut kaca patri atau kaca timah.

Bagaimana membuat Kaca Patri?

Membuat kaca patri merupakan pekerjaan tangan yang membutuhkan ketrampilan khusus. Potongan kaca satu per satu dibentuk sesuai pola dan dipotong dengan pisau khusus kaca. Setelah itu, potongan kaca tadi ‘dipegang’ oleh lis dari bahan timah yang mudah dibengkokkan. Lis inilah yang kemudian dipatri dengan alat solder agar terhubung dengan potongan lis lainnya. Karena merupakan pekerjaan tangan, maka pola atau gambar yang dibuat sangat menentukan waktu pengerjaan. Sepasang kaca patri dengan desain standar, bisa selesai dalam waktu satu minggu. Untuk desain sederhana, pengerjaannya memakan waktu beberapa hari, sedangkan desain yang lebih rumit membutuhkan waktu lebih lama lagi.

Apa saja jenisnya?

Saat ini di pasaran tersedia kaca patri yang terdiri dari satu lapis dan tiga lapis. Jenis kaca satu lapis saat ini sudah agak jarang dipakai, karena mudah menyimpan debu pada lekukan-lekukannya. Membersihkannya pun menjadi agak rumit. Namun, dari segi harga, kaca yang selapis ini lebih murah.

      Kaca patri jenis kedua harganya lebih mahal, karena kebutuhan material kacanya lebih banyak. Lapisan tengah berupa kaca patri, dan kedua lapisan luarnya berupa kaca bening, sehingga dari luar permukaannya rata. Karena kaca patri terlindung lapisan lain, kaca patri tidak akan kemasukan debu atau kotoran lain. Yang kotor adalah lapisan terluarnya. Namun, karena berupa kaca bening maka ia sangat mudah dibersihkan. Keuntungan lain, kaca patri tiga lapis ini mampu meredam suara.

Ada Warna Ada Harga

Ada 3 jenis lis timah untuk kaca patri, yaitu putih (keperakan), kuning, dan hitam. Yang paling mahal adalah kaca patri yang menggunakan lis dari timah berwarna kekuningan. Harganya mencapai Rp1,9 – Rp 2,5 juta per meter perseginya. Dengan tepian kekuningan, kaca patri berkesan mewah dan anggun. Biasanya warna ini banyak dipakai untuk desain yang menggunakan kaca bening. Warna lain pada lis timah adalah putih keperakan. Karena warnanya tergolong netral, lis ini banyak dipakai untuk membuat desain kaca berwarna-warni. Harganya tidak jauh berbeda dengan lis berwarna kekuningan. Jenis terakhir adalah lis dari timah berwarna hitam. Kaca patri dengan lis ini merupakan yang paling murah dibandingkan kedua jenis lainnya. Harga di pasaran sekitar Rp 950.000 – Rp 1,2 juta. Untuk Anda yang senang dengan kesan antik, dan kuno, lis jenis ini bisa dipilih dan dipadukan dengan motif kalsik.

Memesan Kaca Patri

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memesan kaca patri.
- Ongkos pembuatan kaca patri dihitung minimal per meter persegi. Jadi, walaupun total pesanan kurang dari 1 m², Anda harus membayar seharga 1 m² kaca patri.
- Sebaiknya, tawarlah harga dengan sistem borongan. Sistem ini sangat menguntungkan, jika Anda memesan dalam jumlah banyak. Namun, bandingkan dulu harganya dengan hitungan per meter persegi.
- Jika memesan desain khusus, biasanya beberapa toko mengenakan lagi biaya desain dan harga desainnya tergantung keunikannya.
- Untuk kaca patri yang didalamnya menggunakan kaca brevel, akan dikenakan biaya tambahan untuk brevel tersebut. Semakin banyak bidang yang dibrevel tentu harganya semakin mahal.
--Apabila membeli kaca patri secara terpisah dari pintu atau jendela, tanyakan apakah harga yang disetujui sudah termasuk ongkos pemasangan.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:30285 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:29918 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:29537 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Home Article 1

07-07-2004 Hits:15405 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:14363 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:13927 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:13322 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:12788 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:12702 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:10022 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Condotel, Leasehold & Freehold

31-08-2010 Hits:9864 Properti

Condotel, Leasehold & Freehold

tahun-tahun terakhir ini di Bali menjamur properti berupa Condotel dan Villa, sebenarnya Condotel itu apa? Kemudian villa-villa di Bali terdapat dua sistem kepemilikan yaitu Leasehold dan Freehold, Condotel atau hotel-condo...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:9631 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:8036 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:7935 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:7350 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Online User

Kami memiliki 25 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com