• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Berkah Kucuran KPR Bersubsidi

  • Kategori Induk: LIFESTYLE & LEISURE
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Sabtu, 22 Oktober 2011 19:50
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 3312
  • 22 Okt

Komitmen bank pelat merah dan beberapa bank pembangunan daerah ikut serta membiayai KPR bersubsidi, makin meramaikan harapan orang untuk memiliki rumah murah.

     Perbankan makin agresif mendorong pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR), khususnya KPR bunga komersil. Berbagai gimmick program KPR ditawarkan kepada pengembang dan konsumen. Mereka pun rajin bekerjasama dengan para pengembang, dengan tawaran bunga murah untuk KPR. Paket promo seperti ditawarkan oleh BRI yang menggelar program suku bunga fixed 2 tahun dikisaran 10 persen, lalu ada promo KPR Zero (bunga 0 persen hingga 3 bulan), dan program pasti disetujui dari UOB Buana. Ada juga bunga murah 8,80 persen (1 tahun pertama, dari pertama kali mengajukan kredit) dari Bank Mandiri.

     Selanjutnya, ICB Bumiputera menawarkan paket promo Take Over 10,25 persen dengan bunga fixed 1 tahun. Bank spesialis pemberi kredit pada sektor perumahan BTN, juga tak kalah gencarnya mengandalkan Kredit Ringan Batara 9,50 perse Flat, KPR BTN Platinum dan Kredit Griya Utama. Yang jelas, beragam program KPR dengan bunga menggiurkan aktif ditawarkan perbankan sejak setahun ini. Dan makin marak dikenalkan ke publik sejak semester I 2011. Target kredit per tahun pun terus digenjot. Tahun ini diperkirakan terjadi pertumbuhan kredit properti 15 hingga 20 persen. Dengan kredit yang makin gencar, harga properti diperkirakan bisa terus naik.

 

Bank Daerah
Demikian juga dengan bank daerah. Sejumlah bank pembangunan daerah mengaku sudah mencadangkan dananya untuk mengucurkan KPR, khususnya untuk membiayai perumahan sederhana tapak. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) misalnya bahkan sudah menandatangani kesepakatan dengan Kementrian Perumahan Rakyat, mengenai penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk membiayai sebanyak 2.000 unit rumah. Bank Pembangunan Daerah lainnya begitu juga. BPD Papua misalnya, berkomitmen menyalurkan dana Rp 100 miliar untuk target pemenuhan 1.000 unit rumah. Sementara BPD Nusa Tenggara Timur menyalurkan Rp 75 miliar ditambah subsidi dari pemda NTT sebesar Rp 20 miliar untuk membiayai .000 unit rumah melalui kerja sama dengan REI yang tersebar di tiga kabupaten. BPD Riau juga telah menyalurkan Rp 100miliar untuk pembangunan 1.000 rumah dan BPD Sumatera Utara akan menyalurkan Rp 100 miliar untuk pembangunan 1.200 unit rumah.

     Dari total target pembangunan rumah sejahtera tapak tahun ini sebanyak 210.000 unit rumah, Bank BTN menyediakan alokasi nilai kredit FLPP untuk 120.000 rumah sebesar Rp 6 triliun, BNI senilai Rp 125 miliar dan BPD-BPDsekitar 40.000 rumah senilai Rp 2 triliun. Sedangkan Bukopin yang ikut program FLPP katanya juga sudah mengalokasikan sebesar hampir Rp 2 triliun untuk program FLPP tersebut. Tetapi sampaisekarang belum terdengar berapa angkpenyaluran KPR bersubsidi yang sudah mereka realisasikan. 

 

Ketersediaan Produk
Menanggapi permintaan KPR pada kuartal I 2011, Irman A Zahirrudin,Direktur Bank Tabungan Negara (BTN), mengemukakan jumlahnya cenderung rendah, begitu pula halnya permintaan pada kuartal II. Namun, pada kuartal III diperkirakan permintaan KPR akanmeningkat dan mencapai puncaknya pada kuartal IV. Menurut Irman, sampai akhir Maret 2011 lalu, BTN baru menyalurkan fasilitas likuiditas pembangunan perumahan (FLPP) sebesar Rp 942 miliar. Selama periode itu, BTN telah membiayai 24 ribu unit rumah melalui FLPP dalam empat produk,yakni KPR Sejahtera Tapak, KPR Sejahtera Susun, KPR Sejahtera Syariah Tapak, dan KPR Sejahtera Rusun. Irman memaparkan, pada kuartal II ini, penyaluran FLPP BTN diharapkan bisa mencapai Rp 1,5 triliun. Meski demikian, kata Irman penyaluran FLPP tetap harus didukung ketersediaan produk di lapangan. Irman menyatakan BTN juga bakal menggenjot penyaluran kredit FLPP mencapai Rp 5 triliun hingga Oktober 2011. “Paling tidak, penyaluran FLPP tersebut sudah dapat terpenuh sebelum tahun ini berakhir. Kami berharap angka itu bisa terealisasi pada Oktober 2011,” kata Irman.

     Terkait penyaluran KPR bersubsidi, Direktur Treasury and Financial Institution BNI, Adi Setianto mengatakan tahuini BNI menargetkan bisa menyalurkanpembiayaan KPR bersubsidi untuk 2.000unit hingga 2.500 unit rumah atau setara dengan Rp 125 miliar. Menurutnya, BNItelah mengikuti program FLPP sejak periode Oktober-Desember tahun lalu Namun Adi mengaku pada periodetersebut BNI belum dapat memenuhitarget. Pada waktu itu BNI menargetkandapat memasarkan 5.000 unit rumahtetapi target tersebut tidak tercapai.“Bahkan belum ada yang terjual hinggDesember,” ungkapnya. Dia mengklaim hal tesebut terjadikarena FLPP masih menggunakan skema subsidi uang muka Rp 8,5 juta. Sementara saat ini skema tersebut tidak lagi digunakan. “Kalau sekarang kamimenggunakan skema baru dimana bank dan pemerintah bisa menalang biaya 50-50. Sekarang kami gencar melakukan sosialisasi skema baru ini,” tegasnya. Dia optimis kegagalan pencapaiantarget tidak akan terulang pada tahun ini.”Kami punya infrastruktur yang memadai untuk pemasaran produkini,” tegasnya. Adi menjelaskan produk dengan skema itu akan dipasarkan sebagai proyek percobaan (pilot project di Pekan Baru, Semarang, Karawang, Banjarmasin dan Madiun. Daerah tersebut terpilih karena dinilai masih kekurangan perumahan. Jika proyek percobaan tersebut berhasil, BNI akan memulai proyek dengan menggunakan skema yang sama di beberapa daerah lain.

 

Awas Mandek!

Para pengembang mengakui realisasi program kredit rumah subsidi melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) mengalami kendala sehigga tak optimal Masalah syarat administrasi yang menjadi kendala para calon penerima KPR subsidi membuat pengembang takut menyiapkan pasokan rumah. Ketua umum Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso mengatakan masalah tekni yang terjadi konkrit di lapangan adalah masalah syarat administrasi. Banyak para calon penerima KPR subsidi FLPP harus terganjal oleh beberapa ketentuan seperti Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak dan Nomor Pokok Wajib Paja (NPWP). “Aturan mainnya yang menyulitkan. Kalau kita buat 100.000 unit (rumah) kalau nggak ada yang beli bagaimana?, “ tanya Setyo. 

     Setyo menuturkan seharusnyapemerintah bisa menyelesaikan masalah-masalah administrasi semacam itu yang memang menjadi kendala di lapangan. Anggotanya yang berkomitmen mengikuti program FLPP harus menanggung beba biaya produksi seperti tukang dan lain-lain, sementara penjualan rumah melalui FLPP terkendala. Ia pun menegaskan masalah ta optimalnya FLPP bukan karena pengembang tak mau mendukung. “Jadi bukan masalah pengembang tak mau,” katanya.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Home Article 1

07-07-2004 Hits:73790 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:71641 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:56622 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:48968 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:44738 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:44453 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:44240 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:17798 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Nyaman Berkantor di Rumah

11-08-2011 Hits:15306 Tips

Nyaman Berkantor di Rumah

Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

Read more

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:15145 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

Condotel, Leasehold & Freehold

31-08-2010 Hits:14160 Properti

Condotel, Leasehold & Freehold

tahun-tahun terakhir ini di Bali menjamur properti berupa Condotel dan Villa, sebenarnya Condotel itu apa? Kemudian villa-villa di Bali terdapat dua sistem kepemilikan yaitu Leasehold dan Freehold, Condotel atau hotel-condo...

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:14029 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

04-03-2013 Hits:13049 RUANG KERJA

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

     BEKERJA DI RUMAH ACAPKALI MENJADI SEBUAH PILIHAN. DI SISI LAIN, RUMAH CENDERUNG DIRANCANG SEBAGAI HUNIAN KELUARGA. BAGAIMANA MEWADAHI AKTIVITAS KERJA TANPA MENGABAIKAN FUNGSI LAIN? MERANCANG RUANG KERJA MULTIFUNGSI ADALAH...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:11822 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenyamanan & Ekspresi Bedding Set

14-06-2013 Hits:11686 Laporan Utama

Kenyamanan & Ekspresi Bedding Set

HADIRKAN KENYAMANAN SAAT BERISTIRAHAT SECARA MAKSIMAL DENGAN MENGHADIRKAN BEDDING YANG CANTIK DAN BERKUALITAS.

Read more

Online User

Kami memiliki 49 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com