• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

DESAIN RUMAH- RAMAH HUJAN ANGIN (2)

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Rabu, 01 April 2009 18:59
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 5005
  • 01 Apr
Curah hujan angin yang demikian besar akhir-akhir ini tentunya menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa was-was dalam diri kita. Salah satu hal yang bisa dilakukan guna mengurangi dampak curah hujan angin adalah melakukan antisipasi terhadap elemen atap, dinding dan kaki bangunan tempat tinggal kita.Jika edisi lalu kita sudah membahas mengenai langkah antisipasi terhadap elemen atap, kali ini akan disajikan terkait dengan elemen dinding dan kaki bangunan. Desain dinding :
“Bak badan manusia...diapun perlu dilindungi”
Kehadiran bangunan khususnya rumah tinggal dalam dekade ini, diwarnai tampilan dinding tanpa pelindung dengan eksplorasi pengecatan warna mencolok. Kondisi ini tentunya didukung dengan mutu cat dan material dinding yang berkualitas super dibanding kondisi pada umumnya.
Bagaimana dari sisi harga dan maintenance? Bagaimana pula kaitannya dengan besar energi yang harus dibayarkan? Tentunya kita dapat menyimpulkan sendiri. Harusnya para calon penghuni mengetahui dampak dan resiko yang dihadapi saat ‘memilih’. Namun menurut hasil penelitian, para penghuni sekarang ini cenderung senang ‘memilih’ wajah dari pada memikirkan dampak yang harus ditanggung.
Analognya, makin ‘tubuh’ bangunan itu terlindungi maka lifetime dan kenyamanan penghuni makin panjang dan murah pemeliharaannya. Sebaliknya, makin tubuh bangunan terekspos maka biaya perawatannya pun makin tinggi.
Berikut trik desain dinding dalam mengantisipasi terpaan curah hujan dan angin :

A. Hunian yang eksis/yang sudah ditempati
-    Dinding yang bagian luarnya ‘terlanjur’   terkena kontak langsung dengan  terpaan  hujan angin dan pancaran matahari, bila   kualitas aciannya biasa-biasa saja atau  bahkan tidak diplester, maka sisi bagian  dalamnya dalam waktu relatif singkat akan   mudah lembab. Hal ini berakibat pada             terjadinya penggelembungan cat dan  plesteran semen yang gampang lapuk  untuk kemudian mengelupas. Solusinya,  kita tidak bisa hanya menambal sulam   dengan plesteran ataupun dengan cat, namun harus dilakukan renovasi total dari  permukaan dinding tersebut.  Sedangkan             dari sisi kekuatan dinding,  agar tidak menyebabkan kerusakan lebih cepat, maka  pada bagian dinding ini sebaiknya jangan  dibebani beban yang berlebihan, seperti  penggantungan  elemen dalam rumah       tangga, rak dan lain-lain.
-    Tengarai bagian dinding, plafon  hingga bidang atap yang timbul ‘bercak-bercak’ tersebut, untuk kemudian  secepatnya dilakukan pemeriksaan dan   perbaikan.
-    Jauhkan perangkat rumah tangga ‘mudah menyerap air’ dari dinding yang   basah, seperti gantungan lukisan, rak   lemari dan sebagainya. Hal ini karena   udara yang terjadi di antara dinding dan   elemen ini akan mudah sekali lembab,  berjamur dan membuat lapuk keduanya.             Hindari pemakaian wallpaper atau unsur   yang terbuat dari kertas dan kain.
        *    Usahakan melindungi bidang   bagian eksterior dengan tritisan  atau kerei, bahkan elemen pelindung   alami seperti pepohonan.
-    Lindungi lubang  dinding yang tidak ada  tritisan.
        *    Periksalah secara rutin   kondisi kusen bagian luar  dari suatu bukaan  dinding. Apakah terlalu    sering kena curahan  hujan dan panas ataukah  aman terlindungi. Lakukan hal ini minimal       dua kali dalam setahun, yaitu saat musim panas   dan musim penghujan. Disinilah kualitas material  dihadapkan pada  ‘keganasan’ alam. Material  alami, seperti kayu   dengan kualitas dibawah             jati ataupun bengkirai,   sebaiknya dihindari   untuk pemakaian kusen   pada dinding atau                 bidang yang berhadapan  langsung dengan terpaan hujan dan bahkan panas secara silih berganti.  Selain itu, hal paling awal   yang dapat diamati   adalah kualitas cat yang    cepat memudar. Periksa   kembali kusen   dengan tritisan minimalis.  Kualitas cat turut  berperan didalamnya. Artinya bila kualitas cat   ‘super’, maka kelapukan material tak terlihat kasat mata, hanya tiba-tiba didapatkan kondisi elemen ini menjadi lapuk.

B. Rancangan hunian baru
-    Pada layout tahapan   rancangan interior rumah  tinggal, hindari penempatan  elemen perabot pada sisi   dinding yang jelas-jelas  terekspos, tanpa terlindung  tritisan serta terjalin kontak         langsung dengan udara luar. Ambience ruangan pada sisi ini menjadi sangat lembab  di musim hujan dan sangat panas di musim panas. Terlebih untuk ruangan dengan dinding  ekspos pada sisi bagian      barat yang terkena sinar  matahari sore. Seorang   arsitek yang bijak,  hendaknya tidak          menempatkan ruang   hunian/ kamar tidur pada sisi ini, karena akan  membuat ketidaknyamanan   pasca matahari terbenam. Selain itu ruangan ini akan  menjadi boros energi   listriknya karena proses   pendinginan udara habis  terserap untuk menetralisir   panas yang ada pada   material dinding.
-    Disamping pemilihan material  yang tepat, langkah yang bisa dilakukan terhadap dinding adalah         melakukan pelapisan dengan elemen  dekoratif semisal batu tempel, relief   dan sebagainya. Selain itu bisa juga  dilakukan penataan unsur lansekaping   seperti  penempatan tanaman rambat,         penempatan pohon yang berfungsi   untuk merindangi sekaligus sebagai   suatu dinding double.
-    Bijak memilih material kusen     untuk pelobangan dinding yang   kontak dengan udara luar dengan  kualitas yang tahan banting terhadap  panas dan pelapukan karena rendaman curah hujan. Material besi,  aluminium, plastik atau material alami  yang telah teruji kualitasnya, seperti  kayu jati bisa menjadi pilihan.

Desain ‘kaki’ bangunan :
“Barometer bentuk keramahan lingkungan”
Mungkin lebih tepat bukan disebut kaki bangunan, tapi bagian bawah yang terkontak dengan tanah dan bagian eksterior bangunan yang relatif dekat dengan keberadaan bangunan.  Sebutan elemen ini juga tidak tepat, jika kitatinggal di dalam apartemen. Kondisi di sini tidak bisa diartikan bahwa bangunan yang tidak memiliki kaki adalah bangunan yang tidak ramah lingkungan.

A. Hunian yang eksis
-    Bila di sekitar rumah kita terdapat rimbunan pepohonan atau sebuah  tiang yang menjulang tinggi, pada kondisi hujan angin perlu segera  diantisipasi dari sisi kekuatan. Pastikan   bahwa tanaman berdiri kokoh pada dudukan tanah yang cukup baik ( bukan akar yang meranggas keluar).          Yakinkan pula pondasi tiang cukup   kuat dan berdiri dengan tegak.
    Kehadiran pohon besar ditunjang   rimbunan tanaman kecil dan lapisan  rumput pada tanah, sebenarnya jauh  lebih aman dari terpaan angin besar.  Hal ini dikarenakan kecepatan angin         akan terhambat dibanding dengan    sebuah pohon yang berdiri sendiri   diatas tanah gersang, sehingga resiko roboh dapat diantisipasi.
-    Yakinkan buangan air hujan  mengalir lancar dan cepat keluar   halaman, hingga lepas ke saluran  lingkungan dengan baik. Hindari   terjadinya genangan di halaman    rumah.
    Pada kondisi hujan lebat, hal ini  berpotensi menimbulkan luapan air atau banjir lokal yang mungkin masuk   dalam rumah kita.
-    Kondisi, volume hingga kemiringan  saluran untuk cucuran air hujan   ataupun air limbah rumah tangga   harus     dalam keadaan terbuka   (agar mudah perawatan). Jika   terdapat saluran tertutup seperti    gorong-gorong, pastikan   kondisinya tidak/mudah tersumbat.  Selain itu, periksa kapasitas aliran    air yang terbuang dari dalam   rumah dan yang keluar pada   saluran ini.
-    Mengamati kejenuhan kondisi    air tanah disekitar rumah kita   merupakan usaha antisipasi bila      terjadi guyuran hujan bervolume    air banyak. Tanah yang jenuh bisa    berarti tanah tersebut tandus tak   tertanami tanaman penutup tanah  (sejenis rerumputan), atau  kondisi tanah yang relatif  permukaan air tanahnya tinggi.
-    Bila halaman memungkinkan,   buatlah sumur resapan   sebagaimana banyak disarankan             banyak pihak

B. Rancangan hunian
-    Bangunan yang mengekspos   batu bata pada dinding luar tanpa  terlindungi oleh teritisan atau       elemen lainnya, membutuhkan    pengelolaan super ekstra.  Hal-hal yang bisa dilakukan untuk         mengantisipasinya adalah  meningkatkan potensi unsur   lansekap.
 Bukan hanya sebagai elemen  estetis, namun juga sebagai barrier   panas, kebisingan, serta polusi debu   dan udara. Unsur lansekap juga dapat   berfungsi sebagai penghambat   terpaan angin dan hujan yang    berlebihan.
-    Desain peil lantai bangunan    yang menunjukkan perbedaan   bangunan utama dengan peil tanah   sekitarnya, relatif sangat mutlak    untuk kelancaran aliran air.  Karenanya, permukaan lantai rumah  seyognyanya lebih tinggi dari    permukaan halaman dan jalan dilingkungan. Hal ini bukan sekedar   keyakinan yang dikaitkan   dengan besar kecilnya rejeki yang    didapat, tapi merupakan unsur   penting untuk     mempermudah   perawatan bangunan dalam    membuang limbah air hujan.
-    Proposionalkan pemakaian material keras halaman dengan unsur  alamiah (tanaman) di halaman rumah.  Perbedaan kontur (peil) mendukung  kelancaran air ke suatu aliran yang    tepat dengan volume maksimal,  sehingga potensi genangan dan  kemungkinan kejenuhan permukaan    tanah pada kondisi hujan ini tidak   mengakibatkan luapan air secara  dadakan.
-    Buat sumur resapan sebagai   bagian dari elemen dekoratif di   halaman rumah kita.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Home Article 1

07-07-2004 Hits:271587 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:258144 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:242341 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:238034 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:70907 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:69757 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:69426 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Lampu Gantung-Antara Fungsi dan Estetik…

10-09-2011 Hits:60902 Etalase

Lampu Gantung-Antara Fungsi  dan Estetika

Lampu tidak sekadar sebagai alat untuk mendapatkan cahaya atau penerangan buatan. Namun lampu juga dapat berfungsi sebagai elemen estetis dalam ruangan. Sebuah ruangan tentu makin terlihat apik dan menarik dengan...

Read more

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi…

13-09-2018 Hits:59194 MATERIAL

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi Juga Estetik

Material baja lapis dikenal dengan kekuatan dan ketahanannya. Namun bagi baja lapis Colorbond produksi NS BlueScope Indonesia, bukan hanya kuat dan hemat energi, namun juga tampilan estetika arsitekturnya turut diperhatikan....

Read more

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

29-11-2019 Hits:46170 ACARA / EVENT

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

IKEA, perusahaan perlengkapan rumah tangga asal Swedia, resmi membuka took kedua di Indonesia, yang berlokasi di jalan MH Thamrin, Sentul City, Bogor, pada Kamis, 28 Nopember 2019. Menempati lahan seluas...

Read more

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

04-03-2013 Hits:44428 RUANG KERJA

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

     BEKERJA DI RUMAH ACAPKALI MENJADI SEBUAH PILIHAN. DI SISI LAIN, RUMAH CENDERUNG DIRANCANG SEBAGAI HUNIAN KELUARGA. BAGAIMANA MEWADAHI AKTIVITAS KERJA TANPA MENGABAIKAN FUNGSI LAIN? MERANCANG RUANG KERJA MULTIFUNGSI ADALAH...

Read more

Nyaman Berkantor di Rumah

11-08-2011 Hits:36175 Tips

Nyaman Berkantor di Rumah

Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

Read more

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran …

15-05-2021 Hits:26998 ACARA / EVENT

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran Perangkat Bespoke di ‘Bespoke Home 2021’

Samsung Electronics pada 11 Mei 2021 membuka Bespoke Home 2021, platform virtual baru yang menampilkan secara global produk-produk Samsung Home Appliances. Event ini menyoroti ekspansi global jajaran kulkas Bespoke dan menjadi...

Read more

Admiralty Residence KENYAMANAN SEBUAH HU…

04-04-2009 Hits:26151 Rekomendasi

Admiralty Residence KENYAMANAN SEBUAH HUNIAN

Keunggulan utama Admiralty Residence, tergambar dengan jelas dari lokasi, penataan kawasan hunian serta desain rumah yang mengutamakan kenyamanan bagi seluruh penghuninya.Kawasan perumahan yang dikembangkan oleh PT Harmas Jalesveva ini mengusung...

Read more

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magic…

28-03-2012 Hits:24929 Info

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magical christmas journey”

Menyambut Natal dan tahun baru 2012, HDII dan Vivere mengadakan acara “ A Magical Christmas Journey”.

Read more

Online User

Kami memiliki 414 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com