• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

16 SMART shopping guide

  • Kategori Induk: LIFESTYLE & LEISURE
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 30 April 2013 21:50
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 2514
  • 30 Apr

     ANDA BERENCANA MEMBELI BARANG-BARANG UNTUK MENGISI RUMAH ? BACA PANDUAN INI SEBELUM BERBELANJA, AGAR BISA LEBIH BERHEMAT !

     Tahun baru, identik dengan semangat baru. Memiliki rumah baru, kenapa tidak? Jika Anda berencana pindah ke rumah baru, sekaligus mendekorasi ulang elemen interior khususnya untuk sofa, lighting dan flooring, sebaiknya jangan terburu-buru. Berhati-hati, cermat dan teliti sebelum membeli, agar kocek Anda tidak terkuras akibat pengeluaran tak penting yang membengkak.

LANTAI KAYU

     SAAT INI, SULIT UNTUK MENDAPATKANLANTAI KAYU YANG TAHAN LAMA, TERLIHAT MENARIK SEKALIGUS TERGOLONG DALAM MATERIAL YANG RAMAH LINGKUNGAN (GREEN MATERIAL). HARD FLOORING, ADALAH SALAH SATU MATERIAL YANG MENAWARKAN PEMELIHARAAN RENDAH. TAPI ADA YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN :

1 Jenis Kayu

     Penampilan lantai bergantung pada material asalnya. Hardwood akan lebih kuat dan tahan lama pemakaiannya, bila dibandingkan dengan kayu lunak, seperti pinus yang akan lebih cepat rusak. Contoh hardwood adalah oak, cherry, mahoni santos dll. Masing-masing kayu memiliki pola tekstur dan warna yang berbeda-beda, yang akan menghasilkan efek tampilan berbeda saat digunakan. Kayu oak dengan tekstur seperti daging ikan salmon, mahoni yang menawarkan pola bergelombang, atau ceri dengan pola butiran lurus yang menghadirkan kesan formal. Ada juga bambu yang merupakan sumber daya yang mudah tumbuh dan berkembang, sehingga ramah lingkungan. Bambu menghasilkan sedikit pola butiran, dengan warna yang bagus untuk ruang bergaya kontemporer.

2 Memilih tampilan

     Satu jenis kayu yang dipilih, bisa menghasilkan tampilan yang berbeda-beda, melalui teknik pengolahan pelapisan yang digunakan. Sebuah kayu oak, hasil akhirnya akan nampak berbeda saat difinishing menggunakan metode walnut, natural, atau mahony.

3 Memilih Gaya

     Ukuran dan bentuk papan lantai akan memengaruhi tampilan akhir. Terdapat tiga jenis, yaitu strip, papan dan parket. Strip Adalah jenis yang sering dipakai, lebar 7-20cm, panjang 30-200 cm, fleksibel untuk segala ruang baik klasik maupun kontemporer. Papan Memiliki ukuran yang lebih lebar, antara 8-12 cm, tergantung dari besar pohon yang digu nakan. Tampilannya bergaya rustic, saat ditambahkan paku dibagian atasnya. Parket Memiliki pola seperti ubin kayu, biasanya digunakan untuk ruang-ruang formal seperti ruang tamu dan ruang makan.

4 Jenis Papan

- Solid Timber Boards, pemasangannya dipaku.
- Engineered Timber
- Floorboards, lebih mudah pemasangannya. Dengan menggunakan Lock System
- Laminate Flooring, Ukuran standardnya lebar, 80mm, 110mm and 140mm
- Green Choice, floorboards daur ulang adalah pilihan yang sangat baik tetapi bisa lebih mahal dan rumit untuk menginstalnya.

SOFA

     SOFA ADALAH SALAH SATU ITEM YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN DARI FURNITUR DI RUMAH ANDA. JIKA ANDA INGIN MENGHEMAT, PILIHLAH BAHAN YANG BERKUALITAS, KUAT SUSPENSI BAIK DUDUKAN DAN BANTALAN. BAHKAN JIKA ANDA TIDAK MEMILIKI ANGGARAN YANG BESAR, ADA BAIKNYA UNTUK MENGETAHUI APA YANG ANDA HARUS BELI DAN BERAPA BUDGET-NYA. PADA UMUMNYA, MUDAH DAN MURAH UNTUK MENGGANTI KAIN SOFA. NAMUN TETAPLAH MEMILIH BAHAN YANG MEMPUNYAI TEKSTUR BAGUS DAN KUALITAS BAIK.

 

5 Ukuran

     Dalam mengatur penataan sofa, harus dipertimbangkan ukuran ruang, sehingga bisa disesuaikan dengan besarnya sofa. Miliki cukup ruang untuk menempatkan sebuah meja kopi di depan, dan sediakan banyak ruang untuk berjalan di sekitar area tersebut. Yang penting ukuran sofa harus sebanding dengan perabot yang lain, sehingga tercipta harmonisasi. Dan, bicara tren, hingga saat ini sofa modular tetap digemari.

6 Desain

     Bentuk dan desain sofa yang dibeli, harus cocok dengan pengguna dan gaya hidupnya. Jika memiliki anak-anak dan hewan peliharaan, sebaiknya gunakan kain penutup dengan warna gelap, dan sebisa mungkin harus rajin dicuci. Jika Anda memiliki kaki panjang, mungkin diperlukan kursi dengan kaki tinggi. Dan jika Anda menyukai sandaran kepala ketika berbaring dan menonton tv atau membaca, hindari sofa dengan berlengan rendah.

7 Frame

     Untuk bingkai atau frame sofa carilah yang berkualitas. Lebih baik mencari frame yang terbuat dari baja atau kayu kiln kering, yang telah dirakit dengan lem atau sekrup, daripada sofa yang cenderung memiliki frame yang terbuat dari pinus atau chipboard. Sebagai patokan, frame kualitas baik, lebih berat apabila diangkat.

 

8 Dudukan

     Bantal busa pada dudukan yang kokoh, memiliki ketahanan bentuk, dan terlihat lebih struktural. Agar terisi semua disetiap sudut sampai bawah, harus dilakukan tepuk-menepuk, sehingga dapat memberikan tampilan santai. Anda bisa mendapatkan bantal yang memiliki dua kombinasi baik dari segi warna maupun motif.

9 Upholstery ( Kain Pelapis )    

     Terdapat dua pilihan material yang biasa digunakan sebagai pelapis sofa, yaitu kulit atau kain. Kulit mudah dibersihkan, namun harus yang berkualitas, sedangkan kain sofa mungkin lebih banyak pilihan dalam hal warna dan pola . Usahakan kain ataupun kulit yang dipilih harus mempunyai mutu, agar tetap terasa nyaman dengan pemakaian dalam waktu yang lama.

10 Perencanaan

     Saat membangun rumah atau merencanakan renovasi, pencahayaan merupakan salah satu faktor pertama yang perlu anda diperhatikan. Dimana penempatan titik-titik lampu, saklar ataupun stopkontak, harus direncanakan dengan cermat. Jangan sampai terjadi kesulitan di kemudian hari, karena salah penempatan.

 

11 Desain

     Pilihan bentuk desain lampu yang tersedia, ditentukan oleh selera penggunanya. Namun pertimbangkan kesesuaian dan keharmonisan bentuk dan ruang, sehingga pencahayaan dan desain lampu akan mendukung suasana dalam ruang tersebut. Untuk suasana resort, pilih lampu gantung dari material kayu atau bambu untuk hasil sempurna. Enamel pendant, dan lampu gaya modern cocok untuk ruangan bergaya industrial.

 

 

12 Fittings

     Bijaklah memilih bola lampu, dengan memilih yang hemat energi, seperti compact fluorescent lights (cfls), LED dan linear fluorescent. CFLS biasanya dipakai di dapur dan dipasang di bawah lemari kabinet, untuk menerangi area persiapan makanan. Adapun LED digunakan karena dapat menghemat sekitar 90 sampai 95 persen dan merupakan energi yang paling efisien.

13  Kepraktisan

     Saat memasang lampu, selain mempertimbangkan besar kecilnya watt yang akan digunakan, cermati pula seberapa banyak cahaya alami yang masuk ke dalam ruang. Ingat, saat pagi atau sore hari, kehadiran cahaya alami yang menciptakan bayangan dalam ruang, merupakan sebuah nilai tambah yang bisa menjadi elemen estetika tersendiri. Pertimbangkan kebutuhan cahaya lampu masing-masing ruang, karena tiap ruang memiliki kebutuhan berbeda. Sebagai contoh di dapur, selain penerangan umum, tentu dibutuhkan penerangan tambahan untuk memudahkan saat beraktifitas di dapur, misalnya diletakkan di balik kabinet dapur. Berbeda dengan ruang duduk, yang mungkin membutuhkan standing lamp di sudut ruangan untuk kegiatan membaca saat bersantai.

14 Pusat perhatian

     Fitur pencahayaan bisa menjadi pusat perhatian, kala seseorang memasuki sebuah ruang. Jika ingin hal tersebut terjadi, tahan penggunaan furnitur ataupun elemen pelengkap interior lainnya. Ingat, hanya dibutuhkan satu kekuatan elemen dalam sebuah Sebuah titik perhatian bisa dilakukan secara sekaligus, menyorot area ruang makan dan hall sirkulasi. Berbeda dengan ruang tidur sebagai tempat relax, dimana cahaya lampu temaram lebih baik.

15 Pencahayaan dapur

     Meski dapur adalah ruang yang fungsi prioritas, tak berarti harus terbatas dalam menciptakan efek pencahayaan. Untuk estetika, bisa digunakan tiga lampu gantung di atas island benchtop, atau lampu halogen atau fluorescent di bawah kabinet dapur. Hal ini sangat membantu jika memiliki layout ruang terbuka, atau bagi yang tidak ingin terjadi efek silau lampu gantung saat dinner, namun tetap bisa beraktifitas di dapur.

 

16 Aksen

     Jangan hanya terpusat pada penggunaan lampu gantung, atau yang terpasang di plafon saja. Namun, perlu juga menempatkan lampu meja di sisi tempat tidur atau ruang duduk. Saat ada tamu berkunjung menjelang petang, ciptakan suasana melalui kehadiran lampu meja, dibanding hanya lewat pencahayaan umum. Standing lamp diperlukan untuk ruangan dengan skala besar, misalnya ruang duduk. Tempatkan standing lamp di sudut ruang, sebagai solusi mudah jika tidak memiliki instalasi fitting terdekat.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Home Article 1

07-07-2004 Hits:272826 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:259396 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:243506 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:239323 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:72053 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:70897 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:70539 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Lampu Gantung-Antara Fungsi dan Estetik…

10-09-2011 Hits:63176 Etalase

Lampu Gantung-Antara Fungsi  dan Estetika

Lampu tidak sekadar sebagai alat untuk mendapatkan cahaya atau penerangan buatan. Namun lampu juga dapat berfungsi sebagai elemen estetis dalam ruangan. Sebuah ruangan tentu makin terlihat apik dan menarik dengan...

Read more

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi…

13-09-2018 Hits:59487 MATERIAL

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi Juga Estetik

Material baja lapis dikenal dengan kekuatan dan ketahanannya. Namun bagi baja lapis Colorbond produksi NS BlueScope Indonesia, bukan hanya kuat dan hemat energi, namun juga tampilan estetika arsitekturnya turut diperhatikan....

Read more

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

29-11-2019 Hits:46517 ACARA / EVENT

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

IKEA, perusahaan perlengkapan rumah tangga asal Swedia, resmi membuka took kedua di Indonesia, yang berlokasi di jalan MH Thamrin, Sentul City, Bogor, pada Kamis, 28 Nopember 2019. Menempati lahan seluas...

Read more

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

04-03-2013 Hits:45682 RUANG KERJA

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

     BEKERJA DI RUMAH ACAPKALI MENJADI SEBUAH PILIHAN. DI SISI LAIN, RUMAH CENDERUNG DIRANCANG SEBAGAI HUNIAN KELUARGA. BAGAIMANA MEWADAHI AKTIVITAS KERJA TANPA MENGABAIKAN FUNGSI LAIN? MERANCANG RUANG KERJA MULTIFUNGSI ADALAH...

Read more

Nyaman Berkantor di Rumah

11-08-2011 Hits:36647 Tips

Nyaman Berkantor di Rumah

Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

Read more

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran …

15-05-2021 Hits:27659 ACARA / EVENT

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran Perangkat Bespoke di ‘Bespoke Home 2021’

Samsung Electronics pada 11 Mei 2021 membuka Bespoke Home 2021, platform virtual baru yang menampilkan secara global produk-produk Samsung Home Appliances. Event ini menyoroti ekspansi global jajaran kulkas Bespoke dan menjadi...

Read more

Admiralty Residence KENYAMANAN SEBUAH HU…

04-04-2009 Hits:26427 Rekomendasi

Admiralty Residence KENYAMANAN SEBUAH HUNIAN

Keunggulan utama Admiralty Residence, tergambar dengan jelas dari lokasi, penataan kawasan hunian serta desain rumah yang mengutamakan kenyamanan bagi seluruh penghuninya.Kawasan perumahan yang dikembangkan oleh PT Harmas Jalesveva ini mengusung...

Read more

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magic…

28-03-2012 Hits:25137 Info

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magical christmas journey”

Menyambut Natal dan tahun baru 2012, HDII dan Vivere mengadakan acara “ A Magical Christmas Journey”.

Read more

Online User

Kami memiliki 38 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com