• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Ada KPR di Multifinance

Kemana Anda mencari kredit bila ingin  membeli rumah?. Ke bank. Kebanyakan orang memang bakal menjawab begitu. Sudah puluhan tahun, bisnis kredit perumahan memang didominasi perbankan. Namun, tak ada salahnya jika Anda mencoba mendapatkan pinjaman kredit rumah dari perusahaan pembiayaan alias multifinance.
   Perusahaan pembiayaan memang mulai masuk ke ceruk pasar KPR. “Namanya juga multifinance. Jadi, pembiayaan tak terbatas untuk motor, tapi bisa juga untuk pembelian elektronik dan rumah,” kata Yap Tjay Hing, Presiden Direktur Finansia Multi Finance.      Setidaknya, saat ini ada dua perusahaan pembiayaan yang menawarkan KPR, yakni Finansia Multi Finance dan Ciptadana Capital. Mereka mendapat dukungan dari Sarana Multigriya Finansial (SMF). SMF ini adalah badan usaha milik negara yang berfungsi membentuk fasilitas pembiayaan sekunder untuk pembelian rumah.
    Dukungan SMF bukan berupa dana instan. Tapi, multifinance yang menjadi mitranya harus menyalurkan KPR terlebih dahulu. Setelah dana yang disalurkan mencapai jumlah tertentu, mereka bisa mengajukan pinjaman dana ke SMF. “Jadi, sifatnya reimburse,” kata Erica Soeroto, Presiden Direktur SMF.
    Saat ini menurut Erica, SMF tengah menyeleksi kelayakan sejumlah multifinance lain untuk menyalurkan KPR. Itu berarti, ke depan, perusahaan pembiayaan yang bisa menyalurkan KPR akan terus bertambah. Sudah pasti, bukan perkara mudah bagi multifinance bersaing dengan perbankan. Saudara tuanya ini jauh lebih berpengalaman dalam penyaluran KPR. Untuk mencaai tujuan ini, mereka sudah menyiapkan strategi masing-masing.

Persyaratan Lebih Longgar
    Secara umum target pasar KPR multifinance adalah orang-orang yang sulit mendapat kredit dari bank. Dari sisi penghasilan, sasarannya adalah kelas menengah bawah. “Penghasilannya rata-rata Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per bulan,” kata Yap Tjay Hing.
    Persyaratan administrasi KPR dari perusahaan pembiayaan juga lebih longgar. Misalnya, mereka masih membuka pintunya bagi nasabah yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Nasabah seperti ini tentu saja tidak bisa menikmati layanan kredit perbankan. “Yang kami lihat adalah kemampuan mencicilnya,” ujar Yap Tjay Hing.
    Selain itu, lembaga pembiayaan juga bersedia memberikan kredit kecil-kecilan. Ciptadana Capital misanya, memprioritaskan kredit untuk rumah seharga Rp250 juta ke bawah. Tak jauh beda, Finansia menyasar rumah harga Rp 25 juta hingga Rp 250 juta. “Bank mana mau membiayai Rp 100 juta ke bawah?” celetuk Erica.
    Produk KPR lembaga pembiayaan juga menawarkan jangka waktu kredit yang cukup panjang, tidak kalah dengan KPR di perbankan. “Bisa sampai sepuluh tahun,” ujar Benny Haryanto, Presiden Direktur Ciptadana Capital. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, akan menyediakan jangka waktu kredit hingga 15 tahun, layaknya perbankan. Mantap pula, kan?.

Suku Bunga Tinggi

     Dengan skema tersebut, pengusaha dan pedagang kecil atau buruh sekalipun kini bisa mengajukan permohonan KPR. Sayangnya, tingkat suku bunga KPR multifinance masih terbilang tinggi ketimbang suku bunga KPR perbankan. Ciptadana Capital kini mematok suku bunga 14% per tahun. Suku bunga ini tetap atau fixed selama tiga tahun. Sedangkan Finansia menetapkan suku bunga KPR antara 14%-19%. “Tergantung dari tingkat risiko kreditnya,” imbuh Yap Tjay Hing.
     Besar bunga sekian jelas sangat tinggi dibandingkan dengan suku bunga KPR perbankan yang saat ini rata-rata berkisar 9%-10% per tahun. Yap Tjay Hing mengakui, tingginya bunga tersebut lantaran perusahaannya masih menjajaki bisnis KPR berikut potensi risikonya. “Karakter nasabahnya memang sama dengan nasabah kredit motor kami. Tapi karakter kreditnya kan lain,” dalihnya.
     Tingkat bunga KPR lembaga pembiayaan juga cukup tinggi lantaran dana multifinance seringkali bersumber dari perbankan atau nantinya dari SMF. Itu berarti KPR multifinance merupakan two step loan, sehingga terkena bunga dua kali. Pertama, bunga atas pinjaman dari bank atau SMF ke lembaga pembiayaan. Kedua, bunga atas pinjaman dari lembaga pembiayaan kepada konsumen.
     Namun, kedua lembaga pembiayaan masih hakul yakin dengan prospek produk KPR mereka. Soalnya, permintaan KPR masih terus meningkat dan tidak semuanya bisa dilayani perbankan.
     Tahun 2008 lalu, Ciptadana Capital menargetkan penyaluran KPR senilai Rp80 miliar. Sementara, Finansia berharap bisa menyalurkan dana KPR Rp100 miliar. Maklum, bisnis Finansia sudah hadir di 40 kota besar dengan total 45 cabang utama dan 25 cabang pembantu.
    Finansia dan Capital mengakui tidak mudah mencapai target tersebut. Situasi ekonomi saat ini membuat suasana hati para petinggi lembaga keuangan itu kebat-kebit. Kenaikan harga bahan-bahan kebutuhan telah menyulut laju inflasi. Belum lagi, jika nanti harga bahan bakar minyak naik. Bisa-bisa, kondisi ini akan memukul daya beli masyarakat. “Penyaluran KPR mungkin akan slowdown karena konsumen kami sangat sensitif terhadap kenaikan harga,” kata Yap Tjay Hing.
    Penurunan bunga KPR perbankan yang terjadi akhir-akhir ini pun akan mempengaruhi minat orang mengambil kredit dari multifinance. Akibat kondisi ini, Ciptadana baru bisa menyalurkan KPR sekitar Rp30 miliar. Padahal Ciptadana sebelumnya sempat menggelontorkan KPR sekitar Rp50 miliar. “Banyak yang melunasi lebih awal dan beralih ke KPR bank,” kata Benny.
    Agar KPR mengalir lebih kencang, Ciptadana da Finansia sama-sama berupaya menggandeng pengembang. Saat ini, Ciptadana mengaku telah menjalin kerjasama dengan dua pengembang. Semantara Finansia masih dalam proses negoisasi.
     Strategi lainnya adalah membuat proses kredit yang tidak begitu berbelit-belit. “Asalkan dokumen lengkap, satu minggu, bahkan kurang sudah selesai,” janji Beny. Oh ya, seperti di perbankan, lembaga pembiayaan juga akan menyandera sertifikat rumah Anda sampai kredit Anda lunas. Berminat?.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:44045 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:43710 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:43575 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Home Article 1

07-07-2004 Hits:42617 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:40695 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:26438 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:19128 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:17558 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:15101 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

Condotel, Leasehold & Freehold

31-08-2010 Hits:13910 Properti

Condotel, Leasehold & Freehold

tahun-tahun terakhir ini di Bali menjamur properti berupa Condotel dan Villa, sebenarnya Condotel itu apa? Kemudian villa-villa di Bali terdapat dua sistem kepemilikan yaitu Leasehold dan Freehold, Condotel atau hotel-condo...

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:13910 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Nyaman Berkantor di Rumah

11-08-2011 Hits:13771 Tips

Nyaman Berkantor di Rumah

Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

Read more

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

04-03-2013 Hits:12178 RUANG KERJA

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

     BEKERJA DI RUMAH ACAPKALI MENJADI SEBUAH PILIHAN. DI SISI LAIN, RUMAH CENDERUNG DIRANCANG SEBAGAI HUNIAN KELUARGA. BAGAIMANA MEWADAHI AKTIVITAS KERJA TANPA MENGABAIKAN FUNGSI LAIN? MERANCANG RUANG KERJA MULTIFUNGSI ADALAH...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:11678 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenyamanan & Ekspresi Bedding Set

14-06-2013 Hits:11102 Laporan Utama

Kenyamanan & Ekspresi Bedding Set

HADIRKAN KENYAMANAN SAAT BERISTIRAHAT SECARA MAKSIMAL DENGAN MENGHADIRKAN BEDDING YANG CANTIK DAN BERKUALITAS.

Read more

Online User

Kami memiliki 66 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com