• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Agar Optimal Mengatasi Backlock

Konsep hunian (horisontal dan vertikal) yang layak adalah salah satu dambaan dan kebutuhan pokok manusia setelah pangan dan sandang. Konsep terjangkau adalah tugas pemerintah agar kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dapat terpenuhi kebutuhannya. Sedangkan untuk masyarakat menengah keatas atau masyarakat mampu dapat memenuhi kebutuhan perumahan melalui pasar bebas atau free market tanpa intervensi dari pemerintah.  
      Selain itu, dalam masalah penyediaan hunian yang layak dan terjangkau tentunya tidak terlepas dari berbagai peran pemangku kepentingan (stakeholder), mulai dari peran regulator -seperti Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera), Kementrian BUMN, Departemen Keuangan dan Pemerintah Daerah. Sedangkan peran operatornya adalah PERUMNAS, BTN, REI, APERSI dan lainnya.

Disamping itu, yang paling penting adalah bagaimana perbankan menciptakan sumber pembiayaan jangka panjang yang murah. Ini dikarenakan para operator banyak menggunakan sumber pembiayaan jangka pendek yang menyebabkan tingginya biaya ekonomi, hingga makin tidak terjangkau bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Peran Stakeholder
     Lantas bagaimana peran stakeholder untuk mengatasi backlock yang menjadi problematik diantara penyediaan perumahan, sehingga kebutuhan akan perumahan khususnya bagi MBR dapat terpenuhi?. Tentunya, kembali lagi kepada partisipasi peran pemangku kepentingan tersebut. 
      Seperti halnya Kementrian Perumahan Rakyat. Sejatinya, sebagai regulator kementrian ini dapat mengatur dan memaksimalkan semua stakeholder utama, untuk memainkan peran yang maksimal dengan anggaran yang lebih baik. “Sehingga tidak ada institusi atau departemen lain yang overlaping dalam membangun perumahan,” kata Himawan Arif Dirut Perumnas pada diskusi forwapera beberapa waktu lalu.
     Selain itu, menurut Himawan peran Kementrian BUMN juga harus tampak misalnya dengan memberdayakan Perumnas sebagai satu-satunya pengembang pemerintah di bidang hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah lebih besar lagi. Diantaranya sebagai pengelola bank tanah (land banking) melalui sinergi BUMN dalam pemanfaatan tanah-tanah yang tidak produktif.


     Begitu juga halnya dengan Pemerintah Daerah, misalnya untuk masalah-masalah perijinan dan penyedian lahan. Ini tentunya akan mendorong MBR dan membantu Pemerintah Daerah dalam penataan kota dan membuka kawasan baru. Namun, disini peran Perumnas harus dibedakan. Apabila Perumnas diberikan tugas yang jelas maka profit bukanlah menjadi nomor satu. Perumnas hanya sebagai nilai tambah saja sehingga masyarakat golongan berpenghasilan rendah akan bisa memiliki akses untuk memiliki rumah.
    Hal penting lainnya adalah peran perbankan. Pihak perbankan diberikan support yang lebih maksimal, misalnya bagaimana menciptakan skema pembayaran jangka panjang yang murah, seperti tabungan perumahan  untuk seluruh pekerja BUMN dan swasta.
    Peran pengembang pemerintah dan swasta sebagai pelaku, dalam hal ini harus dibuat aturan dan penugasan yang jelas. Misalnya, antara pelaku dalam hal ini Perumnas sebagai pengembang pemerintah dan pengembang private. Apabila hal ini tidak diatur maka kita tidak bisa menyelesaikan sektor papan dengan hanya melibatkan private saja. Bagaimanapun pakemnya private sektor atau korporasi orientasinya adalah profit oriented. Hal ini sangat dipahami bahwa para pengembang menuntut kenaikan harga karena memang ternyata di lapangan terjadi kenaikan harga, tetapi juga jika melihat bahwa daya beli masyarakat yang adapun tidak berkembang lebih cepat. Dan ini tidak terjadi pada tahun ini saja, karena sudah sekian lama, sehingga menimbulkan backlock. Hal ini bisa terjadi karena tidak adanya penataan kelembagaan.
   
Pemberdayaan Perumnas
    Jadi, seyogyanya Perumnas bisa diberi tugas dimana sektor private tidak bisa masuk. Segala konsekwensinya baik masalah land banking, prasarana, pembangunan kebijakan harus diatur sehingga masyarakat yang memang tidak memiliki kemampuan akan lebih sulit memiliki rumah apabila harga rumah semakin mahal sehingga hanya mereka yang memiliki kemampuan yang bisa memiliki.
    Mereka yang tidak memiliki kemampuan akan terkucilkan dan terpinggirkan. Inilah yang harus ada solusinya sehingga wajib ada kelembagaan  kementrian yang mengatur penugasan kepada Perumnas. Harus diperjelas, sehingga Perumnas akan mengambil peran dimana sektor private tidak bisa masuk dan Perumnas bisa berperan dan bersinergi dengan sektor private dari penyediaan lahan maka terjadilah sesuatu sinergi.
    “Inilah yang dimaksud dengan memaksimalkan stakeholder utama dalam penyelesaian persediaan perumahan”.
Sebenarnya Perumnas dapat diberdayakan menjadi Lembaga atau instasi yang dikoordinir Menpera untuk dapat memaksimalkan perannya, karena Perumnas telah memiliki jaringan outlet yang cukup banyak, memiliki track record dan memiliki pengalaman. Seandainya ada kekurangan bisa diperbaiki, diperjelas sehingga tidak perlu tarik menarik antara kepentingan pengembang atau pelaku dengan kepentingan masyarakat. Pemerintah bisa mengambil jalan tengah dengan membagi tugas kepada para pelaku penyediaan perumahan.
Artinya, perlu ada solusi, supaya 

    Artinya, perlu ada solusi, supaya masyarakat yang berpenghasilan terbatas bisa mendapat aksebilitas dimana pengembang private tidak mengalami kesulitan. Sekarang tinggal bagaimana pola alokasi subsidi, maupun stimulus pemerintah, insentif pemerintah kepada pihak-pihak tertentu bisa diatur mekanismenya.
    Apabila land banking diberikan kepada Perumnas, maka Perumnas secara maksimal dapat membangun misi pemerintah. Bagian lahan yang tidak dibangun dalam misi pemerintah dapat dikerjasamakan dengan pengembang private, sehingga pengembang private tidak lagi memiliki masalah tata ruang, infrastruktur dan masalah kelistrikannya. Sedangkan masalah penyaluran, pemerintah tidak perlu memberikan insentif bagi masyarakat yang berpenghasilan menengah ke atas, karena itu bisa diselesaikan melalui pasar bebas atau free market.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:42781 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:42411 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:42398 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Home Article 1

07-07-2004 Hits:39340 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:37499 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:25267 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:18191 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:17164 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:14971 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:13748 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Condotel, Leasehold & Freehold

31-08-2010 Hits:13414 Properti

Condotel, Leasehold & Freehold

tahun-tahun terakhir ini di Bali menjamur properti berupa Condotel dan Villa, sebenarnya Condotel itu apa? Kemudian villa-villa di Bali terdapat dua sistem kepemilikan yaitu Leasehold dan Freehold, Condotel atau hotel-condo...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:11123 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:10343 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

04-03-2013 Hits:9977 RUANG KERJA

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

     BEKERJA DI RUMAH ACAPKALI MENJADI SEBUAH PILIHAN. DI SISI LAIN, RUMAH CENDERUNG DIRANCANG SEBAGAI HUNIAN KELUARGA. BAGAIMANA MEWADAHI AKTIVITAS KERJA TANPA MENGABAIKAN FUNGSI LAIN? MERANCANG RUANG KERJA MULTIFUNGSI ADALAH...

Read more

Nyaman Berkantor di Rumah

11-08-2011 Hits:9902 Tips

Nyaman Berkantor di Rumah

Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

Read more

Online User

Kami memiliki 47 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com