• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

  • Kategori Induk: LIFESTYLE & LEISURE
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 02 November 2010 16:08
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 46292
  • 02 Nov

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang sibuk merapikan dan memoles barang dagangan adalah pemandangan yang lazim ditemui saat menyusuri sepanjang Jjalan Surabaya.

            Pasar yang terletak di seputaran Menteng Jjakarta Pusat ini adalah surganya para kolektor barang antik dari segala penjuru kota. Bermacam barang antik mulai dari souvenir, kerajinan tangan atau ukiran dari daerah-daerah di Indonesia, tas koper, lampu hias antik, sampai piringan hitam yang bernilai seni tinggi dan langka bisa diperoleh disini. Tak heran jika banyak kolektor yang menyebutnya surga berburu barang antik.

 

             Pasar yang terletak di tengah lingkungan perumahan elit di kawasan Menteng ini, mulai berdiri sejak tahun 1974. Diresmikan oleh Aali Sadikin, Gubernur DKI saat itu, pasar ini sangat tersohor hingga seantero dunia. Inilah yang akhirnya pernah membuat seorang kepala negara sekelas Bill Clinton rela untuk menyusuri kios demi kios sepanjang Jjalan Surabaya. Tak hanya itu, menurut para pedagang, Mick Jjagger dan Sharon Stone pun pernah mampir berbelanja disini .

             letaknya yang berada ditengah-tengah kota menjamin kemudahan akses bagi pengunjung Jjalan Surabaya untuk mengunjungi tempat ini. Para kolektor yang berburu disini tak hanya berasal dari seputaran Jjakarta saja. Bisik-bisik antara sesama wisatawanlah yang akhirnya mengantarkan nama Jjalan Surabaya semakin terkenal di dunia.Menurut para penjual, mereka telah memiliki beberapa pelanggan tetap dari Jjepang, Singapura, Inggris, Aaustria serta Belanda.

 

            “Bermacam barang antik mulai dari souvenir, kerajinan tangan atau ukiran dari daerah-daerah di Indonesia, tas koper, lampu hias antik, sampai piringan hitam yang bernilai seni tinggi dan langka bisa diperoleh disini.”

Tips Belanja Barang Antik

 

- Sebaiknya pahami benar barang-barang antik yang ingin diburu, baik dari segi usia kelangkaan sampai dengan kualitas.
- Lakukan riset terhadap barang buruan Aanda terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan agar tak tertipu kala membawa pulang barang dagangan.
- Telitilah sebelum membeli karena tak sedikit barang-barang palsu bisa ditemukan disini. Jjika perlu, bawa rekan yang memang benar-benar paham tentang barang buruan Aanda, dan jangan segan untuk bertanya kepada penjualnya tentang usia dan kualitasnya.
- Pasar loak di Jjalan Surabaya memang telah go international, namun bukan berarti barang harus dijual mahal disini. Tak sedikit para pedagang yang mematok harga kelewat tinggi terhadap barang dagangannya, karena itu jangan ragu untuk menawar setiap barang yang Aanda temukan disini.

           Komunikasi yang terjalin antara pelanggan dan pedagang dilakukan lewat banyak cara. Biasanya para pelanggan atau kolektor akan meninggalkan alamat email dan nomer telepon yang bisa dihubungi, agar memudahkan komunikasi saat barang yang dicarinya sudah tersedia. Jjangan main-main dengan data base kolektor yang dimiliki para pedagang, karena nomor-nomor manca negara juga banyak ditemui dalam list tersebut.

Aneka Ragam Barang Antik

           Sebelum berbentuk toko berderet di sepanjang Jjalan Surabaya, awalnya para penjual barang antik ini menawarkan barang-barangnya dengan pikulan, kemudian beralih menjual di peti-peti dan tenda. Suasana antik dan kesan yang sedikit berantakan sengaja dipertahankan. Menurut para penjual, kesan berantakan inilah yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pasar kebanggaan warga Jjakarta ini.

 


            Piringan hitam dan kamera-kamera antik adalah benda yang paling banyak dicari oleh para kolektor. Selain itu, barang-barang kapal seperti kompas dan ornamen-ornamennya menjadi buruan yang tak kalah menarik untuk diburu para kolektor. Pelanggan dan kolektor pelat musik yang sering mampir ke pasar ini bisa dibilang sangat spesifik, karena mereka benar-benar mengerti tentang musik dan sejarahnya. Tak heran, meski pelat telah rusak kadang-kadang mereka tetap rela membelinya dengan harga yang tidak murah. Faktor kelangkaan dan nilai sejarah adalah kuncinya.

            Kebanyakan dari pembelinya memanglah para kolektor murni. Nnamun tak sedikit juga yang sengaja meluangkan waktu untuk berburu barang antik disini, dengan tujuan untuk dijual kembali. Entah itu dijual ke sesama kolektor di Indonesia, namun tak sedikit juga yang menjual lagi barang-barang tersebut di luar negeri seperti Perancis dan Belanda, khususnya bagi mereka yang memiliki rekanan orang asing.

            Keaneka ragaman koleksi barang daganganlah yang membuat variasi kelas pengunjungnya.Tak hanya kalangan artis dan pejabat yang pernah mampir, namun juga tak sedikit kalangan intelektual yang berburu buku-buku tua disini. Mulai dari buku-buku sastra Kebudayaan Jjawa, Belanda, sampai dengan buku-buku sejarah bisa ditemui disini. Pelanggannya pun tak main-main. Tak hanya kalangan dosen dan mahasiswa dalam negeri saja, justru kebanyakan pelanggannya adalah sejarahwan dan dosen dari luar negeri yang memang tertarik dengan kultur negara kita.

            Harga barang-barang antik yang dijual di Jjalan Surabaya ini pun bervariasi, mulai dari lima ribuan sampai belasan juta rupiah, tergantung dari seberapa langka dan besarnya ukuran barang tersebut. Satu hal unik yang telah menjadi budaya Indonesia adalah, jika tak cocok dengan harga yang ditawarkan Aanda bisa melakukan tawar menawar dengan para pedagang. Masalah keamanan dan kenyamanan pun tak perlu khawatir, karena pasar loak disini sangatlah aman, serta tidak ada premanisme dan bebas dari tindak kejahatan.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Home Article 1

07-07-2004 Hits:210955 artikel

Home Article 1

Apalagi yang lebih berarti dalam hidup ini daripada keluarga besar yang utuh serta selalu akrab dan hangat bersama. Setidaknya itulah yang menjadi keinginan keluarga Anis Ahmad Ayyub, pemilik rumah di...

Read more

Home Article 3

12-04-2004 Hits:207882 artikel

Home Article 3

TERAS Terus rumah merupakan bagian luar dari bangunan rumah. Kehadirannya merupakan satu kesatuan dari seluruh bentuk rumah. Maka, bentuknya pun harus dibuat sedemikian indah karena mencerminkan keindahan rumah secara utuh....

Read more

Home Article 2

07-07-2004 Hits:192985 artikel

Home Article 2

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang dan membangun, tak lepas pula dari tren one stop living and entertainment atau kompleks multi fungsi. Termasuk di dalam kompleks tersebut, terdapat apartemen yang...

Read more

Home Article 4

17-01-2009 Hits:185433 artikel

Home Article 4

Siapa bilang rumah didalam gang tidak bisa tampil manis. Rumah pasangan dr. Budiono dan dr. Agustini rizky dhiniharia menjawab stigma tersebut. Meskipun untuk masuk saja, jangankan mobil, sepeda motor...

Read more

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

02-11-2010 Hits:46292 Jalan - jalan

Nostalgia Belanja Jalan Surabaya

            Berburu barang antik memang memberi rasa tersendiri bagi para kolektornya. Hal inilah yang menjadikan jalan Surabaya tak pernah sepi dari kunjungan para kolektor setiap harinya.Para pedagang barang antik yang...

Read more

Serangan Alien di The Jungle 

13-07-2011 Hits:46075 Jalan - jalan

Serangan Alien di The Jungle 

Secara kebetulan para Alien menemukan dan mencoba kendaraan simulator, disusul serangkaian permainan Hi-tech yang meluncurkan mereka ke dalam berbagai simulasi dan berniat menguasai Bumi. Lantas,

Read more

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

19-10-2011 Hits:45650 Jalan - jalan

Pulang Basamo ke Ranah Minangkabau

Alam dan budayanya memukau, kulinernya onde lamak, arena belanjanya pun bikin kalap.

Read more

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi…

13-09-2018 Hits:26876 MATERIAL

Material Baja Lapis, Tak Hanya Kuat Tapi Juga Estetik

Material baja lapis dikenal dengan kekuatan dan ketahanannya. Namun bagi baja lapis Colorbond produksi NS BlueScope Indonesia, bukan hanya kuat dan hemat energi, namun juga tampilan estetika arsitekturnya turut diperhatikan....

Read more

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magic…

28-03-2012 Hits:22801 Info

HDII Jakarta & Vivere gelar “a magical christmas journey”

Menyambut Natal dan tahun baru 2012, HDII dan Vivere mengadakan acara “ A Magical Christmas Journey”.

Read more

Nyaman Berkantor di Rumah

11-08-2011 Hits:21663 Tips

Nyaman Berkantor di Rumah

Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

Read more

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

29-11-2019 Hits:21277 ACARA / EVENT

IKEA Buka Toko Kedua di Sentul City

IKEA, perusahaan perlengkapan rumah tangga asal Swedia, resmi membuka took kedua di Indonesia, yang berlokasi di jalan MH Thamrin, Sentul City, Bogor, pada Kamis, 28 Nopember 2019. Menempati lahan seluas...

Read more

Lampu Gantung-Antara Fungsi dan Estetik…

10-09-2011 Hits:19297 Etalase

Lampu Gantung-Antara Fungsi  dan Estetika

Lampu tidak sekadar sebagai alat untuk mendapatkan cahaya atau penerangan buatan. Namun lampu juga dapat berfungsi sebagai elemen estetis dalam ruangan. Sebuah ruangan tentu makin terlihat apik dan menarik dengan...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:18363 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

04-03-2013 Hits:15428 RUANG KERJA

RUANG KERJA MULTIFUNGSI

     BEKERJA DI RUMAH ACAPKALI MENJADI SEBUAH PILIHAN. DI SISI LAIN, RUMAH CENDERUNG DIRANCANG SEBAGAI HUNIAN KELUARGA. BAGAIMANA MEWADAHI AKTIVITAS KERJA TANPA MENGABAIKAN FUNGSI LAIN? MERANCANG RUANG KERJA MULTIFUNGSI ADALAH...

Read more

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:15271 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

Online User

Kami memiliki 19 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2019. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com